Penajam (ANTARA Kaltim) - Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur optimistis target penanaman padi secara serentak periode Oktober 2016 hingga Maret 2017 seluas 13.000 hektare akan tercapai.

"Secara nasional terget tanam padi serentak pada Oktober 2016 sampai Maret 2017 mencapai 13.000 hektare," kata Kepala Distanak Kabupaten Penajam Paser Utara Joko Dwi Fetrianto, ketika saat ditemui di Penajam, Kamis.

Ia berharap, intensitas hujan merata, sehingga penanaman padi secara serentak pada 10.900 hektare lahan basah dan 2.100 hektare lahan kering tersebut dapat tercapai.

Joko menyatakan keyakinannya target nasional penanaman padi secara serentak itu dapat tercapai, jika intensitas hujan tetap tinggi dan merata.

"Pada Oktober 2016, tanam padi secara serentak yang dilaksanakan sudah mencapai sekitar 1.200 hektare lahan yang tersebar di wilayah Penajam Paser Utara," jelasnya.

Untuk mengejar target penanaman padi secara serentak tersebut, Distanak Kabupaten Penajam Paser Utara melibatkan seluruh petani, termasuk brigade penanaman dan alat mesin pertanian atau Alsintan.

Selain itu pemerintah pusat juga menargetkan Kabupaten Penajam Paser Utara menanam jagung seluas 1.000 hektare dan kedelai seluas 500 hektare.

Joko menegaskan, target yang dicanangkan tersebut harus tercapai karena bantuan pupuk serta bibit jagung dan kedelai dari pemerintah pusat sudah diterima. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016