Samarinda (ANTARA Kaltim) - Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang menjamin pelaksanaan Festival Mahakam 2016 akan tetap semarak, walaupun daerah itu mengalami defisit keuangan.

"Meskipun situasi keuangan Pemkot Samarinda tahun ini mengalami defisit, tetapi saya tetap mendukung Festival Mahakam 2016 dilaksanakan sesuai kemampuan keuangan daerah. Walaupun tidak seperti tahun sebelumnya, namun saya yakin dengan kreativitas, pasti tetap akan meriah," ujar Syaharie Jaang, di Samarinda, Minggu.

Sebagai sebuah pagelaran seni dan budaya yang dilaksanakan setiap tahun, Festival Mahakam kata Syaharie Jaang, sudah menjadi ikon dan milik warga Kota Samarinda.

"Festival Mahakam tahun ini merupakan pagelaran yang ke-16 dan akan dilaksanakan mulai 11-13 November 2016," ujar Syaharie Jaang.

Selain sebagai sarana hiburan dan pagelaran seni dan budaya lokal, pelaksanaan Festival Mahakam juga tambah Syaharie Jaang juga sebagai ajang kreativitas, pelestarian budaya serta bisa menjadi magnit kunjungan wisata ke Kota Samarinda.

"Apalagi, Festival Mahakam tahun ini, juga bersamaan dengan MTQ Nasional Korpri yang digelar mulai 12-21 November 2016 yang di pusatkan di Islamic Center. Insya Allah, ada banyak yang bisa di kaloborasikan untuk menjadi lebih meriah," ucap Syaharie Jaang.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata, ekonomi kreatif dan Kominfo Kota Samarinda, Muhammad Faisal, mengaku optimistis, Festival Mahakam 2016 dapat memberikan "multiplier effect" pada daerah itu.

"Kami sangat optimistis, Festivasl Mahakam tahun ini lebih meriah sesuai dengan tren kegiatan ini yang terus meningkat setiap tahunnya. Alhamdullilah, kami tetap semangat dan partisipasi aktif masyarakat juga masih baik," tutur Muhammad Faisal.

Puncak kegiatan Festival Mahakam yang akan dipusatkan di perairan Sungai Mahakam lanjut Muhammad Faisal, akan berlangsung pada Minggu (13/11).

"Puncak kegiatan yang dilaksanakan di Tepian Sungai Mahakam mulai pagi hingga malam, kemudian dilanjutkan Pembukaan MTQ Nasional Korpri di Islamic Center," ucapnya.

"Beberapa pagelaran spesial tentu saja akan kami sajikan sebagai sebuah kejutan menarik untuk warga Kota Samarinda, mulai dari segmen anak-anak TK, SD hingga remaja termausk Komunitas, budaya hingga Ibu-ibu selalu mewarnai kemeriahan di Festival Mahakam," jelas Muhammad Faisal.      (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016