Bandung (ANTARA Kaltim)- Petembak putri Kalimantan Timur Rafika Toyiba Vidya meraih medali emas nomor 50 rifle prone putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Lapangan Tembak KONI Jawa Barat, Cisangkan, Kota Cimahi, Kamis.

Rafika sukses memenangi pertarungan kategori 50 Rifle Prone putri dengan skor 609,4. Posisi kedua ditempati atlet asal Riau Erlinawaty dengan total skor 604,3, dan posisi ketiga diraih atlet Kepulauan Riau Yulita Rahman dengan skor 603,9.

Kemenangan ini merupakan medali emas pertama yang diraih cabang menembak Kaltim selama gelaran PON XIX/2016 di Jawa Barat. Sebelumnya tim Kaltim baru mengoleksi satu perak dan satu perunggu.

Rafika mengaku bersyukur bisa mengatasi demam panggung selama pertandingan. Dia mengaku senang dan puas kerja kerasnya selama ini berbuah emas,

"Pastinya senang banget karena medali emas, semoga ini jadi motivasi saya untuk terus memberikan yang terbaik bagi Kaltim," ujarnya.

Manajer Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Kaltim Sarwono mengaku senang dengan penampilan Fika.

Perbakin Kaltim sebelumnya tidak menargetkan Fika meraih medali emas. Pencapaian tersebut mengejutkan sekaligus menutup target medali emas yang lepas di kategori fire pistol 10 meter pria.

"Kami semua senang dengan hasil emas Fika. Dia masih muda dan sudah tampil matang. Semoga harapannya bisa menembus turnamen internasional tercapai," ucapnya.

Sarwono menegaskan pihaknya tetap optimistis meraih satu medali emas lagi. Ia berharap para penembak Kaltim bisa menjadikan momentum kemenangan Fika sebagai motivasi.

Ia mengatakan peluang penembak Kaltim untuk menambah medali emas masih terbuka lebar yakni di nomor pistol standar dan posisi tiga.

"Kita baru meraih satu emas, satu perak dan satu perunggu, kami optimis bakal bisa meraih emas di nomor berikutnya,"kata Sarwono. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016