Penajam (ANTARA Kaltim) - Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, segera meluncurkan Desa Mantap atau desa yang menggunakan sistem informasi pelayanan manajemen berbasis aplikasi jaringan.

"Kami optimistis dapat meresmikan Desa Mantap pada September 2016. Peluncuran Desa Mantap tinggal menunggu jadwal kegiatan kepala daerah," kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa BPMPD Kabupaten Penajam Paser Utara Margono Hadi Susanto, ketika ditemui di Penajam, Kamis.

Peresmian Desa Mantap secara serentak di 30 desa dijadwalkan langsung dilakukan oleh Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar, katanya.

Peluncuran Desa Mantap tersebut, katanya, untuk mempercepat pelayanan informasi kepada masyarakat, khususnya di pemerintahan desa.

"Peresmian Desa Mantap akan dilakukan di desa terdekat sebagai simbolis penerapan aplikasi pelayanan informasi sistem jaringan itu di setiap desa," ujarnya.

Menurut dia, peluncuran awal aplikasi sistem informasi manajemen desa atau Simdes tersebut sudah dilakukan di 30 desa di wilayah Penajam Paser Utara.

Aplikasi Simdes, katanya, selain dapat menangani 104 dokumen di pemerintahan desa juga mempermudah tata kelola administrasi di tingkat desa.

"Salah satu pelayanan yang dapat ditangani melalui Simdes yakni, pencatatan dan pengolahan informasi data kependudukan," jelasnya.

Ia berharap penerapan Simdes di seluruh desa tersebut dapat memperbaiki administrasi pemerintahan desa yang selama ini benyak kelemahan.

"Proses pembaharuan data yang tidak tepat waktu di tingkat desa, sering kali terjadi perbedaan data di tingkat kabupaten," katanya. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016