Tana Paser (ANTARA Kaltim) -  Tidak semua polsek di wilayah hukum Polres Paser, memiliki polisi wanita (polwan) akibat keterbatasan personel.

"Idealnya, memang di setiap polsek ada polwa, tetapi karena keterbatasan personel, hal itu tidak bisa dipenuhi," kata Kabag Operasional Polres Paser, Komisaris Rio Cahyowidi, di Mapolres Paser, Tanah Grogot, Senin.

Saat ini kata Rio, sejumlah polsek yang sudah memiliki personel polwan yakni, Polsek Long Kali, Long Ikis, Kuaro, Pasir Belengkong, Tanah Grogot dan Batu Kajang.

"Masing-masing polsek punya dua polwan," ujarnya.

Sementara empat polsek yang belum memiliki personel yakni, Polsek Tanjung Aru, Muara Komam, Muara Samu dan Polsek Batu Engau.

Jumlah personel polwan yang dimiliki Polres Paser lanjut Rio sebanyak 28 orang.

"Selain ditempatkan di sejumlah polsek, mereka juga disebar di semua satuan seperti Satreskrim, Satlantas, Satresnarkoba dan intel," jelasnya.

"Polres Paser telah mendayagunakan polwan yang ada di Polres di setiap satuan, mereka juga dilibatkan dalam menangani kasus-kasus seperti korupsi, reserse kriminal dan lalu lintas. Ini sesuai dengan harapan Kapolri, agar polwan dapat berkiprah di segala bidang yang penuh dengan risiko," tambah Rio.

Ia mencontohkan, kegiatan pengawalan narapidana perempuan oleh polwan saat peringatan HUT RI beberapa waktu lalu.

"Polwan Polres Paser sangat memperhatikan SOP dalam pengawalan narapidana dan tidak lengah sedikitpun sehingga pengawalan dapat terlaksana dengan baik," katanya.

"Ini bukti kemampuan polwan tidak dapat dikesampingkan," ujar Rio.

Kegiatan Kepolisian yang selama ini dianggap pekerjaan laki-laki lanjut Rio, ternyata dapat dilaksanakan dengan baik oleh polwan.

Pada kesempatan itu, Rio menyampaikan bahwa polwan Polres Paser meraih juara pertama lomba senam pada HUT Polwan ke-68 yang diselenggarakan Polda Kaltim.

Pemberian hadiah lomba yang digelar di lapangan Merdeka Mapolda Kaltim itu diserahkan oleh Wakapolda Kaltim Brigadir Jenderal Polisi Hendrawan, Minggu (4/9).   (*)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016