Penajam (ANTARA Kaltim) - Seniman nasional dan internasional dikabarkan akan ikut meramaikan Buen Festival yang akan digelar di Kacamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, 7-9 September 2016.

Ketua Penyelenggara Buen Festival Penajam Paser Utara Jamal Loge saat ditemui di Penajam, Sabtu, mengatakan Buen Festival merupakan ajang memperkenalkan kebudayaan daerah yang ada dan sebagai ajang promosi.

"Meski baru menjadi pagelaran pertama, beberapa seniman nasional, bahkan internasional sudah menyatakan siap ikut meramaikan festival itu," katanya.

Selain diramaikan seniman daerah Kabupaten Penajam Paser utara dan Kalimantan Timur, pada Buen Festival tersebut menurut Jamal Loge akan diramaikan seniman nasional yakni Tri Utami, Dewa Bujana, Didik Nini Thowok dan beberapa seniman nasional lainnya.

"Sudah ada beberapa seniman nasional yang positif ikut Festival Buen, behkan teman-teman seniman lainnya yang tergabung dalam Jaring Budaya Nusantara juga akan hadir, seperti Didi Ninik Thowok dan beberapa nama lainnya," jelasnya.

Tidak hanya seniman lokal dan nasional saja lanjut Jamal Loge, beberapa seniman manca negara juga siap ikut meramaikan Buen Festival tersebut.

"Ada beberapa seniman dari luar negeri yang dikonfirmasi sudah siap memeriahkan Buen Festival di Kabupaten Penajam Paser Utara," ujarnya.

Seniman manca negara yang siap meramaikan Buen Festval itu, di antaranya Junichi Usui pemain biola dari Jepang dan Rodrigo Parejo pemain seruling dari Spanyol, serta beberapa seniman luar negeri lainnya yang masih menunggu konfirmasi kehadiran.

"Saat ini kami masih melakukan persiapan secara gotong royong bersama masyarakat, komunitas dan unsur pemerintahan di kecamatan, kelurahan dan desa," ucap Jamal Loge.

Ia berharap dengan digelarnya Buen Festival tersebut, menjadi titik awal meningkatnya dunia seni budaya di Kabupaten Penajam Paser Utara. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016