Samarinda, 11/8 (Antara) - Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur menggelar 14 jenis lomba dalam rangkaian peringatan Bulan Bahasa dan Sastra 2016 dengan menyediakan total hadiah sebesar Rp250 juta.

 

        "Selain 14 jenis lomba yang sudah dipersiapkan, kami juga akan menggelar diskusi kebahasaan dan kesastraan dengan tema 'Kaltim Menuju Provinsi Literasi' di Kantor Gubernur Kaltim pada 21 September," kata Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kaltim Imam Budi Utomo di Samarinda, Kamis.

 

        Ia menjelaskan ke-14 jenis lomba yang digelar meliputi Pemilihan Duta Bahasa untuk pemuda dan mahasiswa pada 22-25 September, kemudian pada 26 September diadakan musikalisasi puisi jenjang SMA yang juga di Hotel Mesra Samarinda.

 

        Selanjutnya pada 27 September ada lomba menulis surat untuk pejabat publik tentang pemartabatan bahasa negara di media ruang publik bagi pelajar SD dan SMP, diteruskan lomba baca puisi siswa SD hingga SMA pada 28-30 September dengan tema "Nasionalisme".

 

        "Ada juga lomba baca dongeng dan cerpen untuk siswa SD, SMP, SMA pada 1-3 Oktober," tambah Imam.

 

        Kantor Bahasa Kaltim juga mengajak para guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mengikuti lomba mendongeng. Lomba membuat teks dan berpidato tentang gerakan literasi nasional kategori SMA, guru, dan kepala sekolah juga menjadi pelengkap.

 

        Berikutnya lomba pewara (pembaca berita untuk kategori SMA dan mahasiswa), lomba majalah dinding kategori SMP dan SMA, lomba penulisan esai untuk mengupas kebahasaan dan kesastraan kategori mahasiswa dan umum.

 

        Perlombaan lainnya adalah penulisan "feature" tentang tokoh kebahasaan dan kesastraan Kaltim, penulisan cerpen, cerita anak berbasis kearifan lokal kategori guru, dan penulisan cerita rakyat Kaltim.

 

        "Semua kegiatan tersebut kami gelar melalui kerja sama dengan Forum Bahasa Media Massa Kaltim dan Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia Komisariat Kaltim," ujar Imam. *

Pewarta: Muhammad Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016