Balikpapan (ANTARA) - Sebanyak 50 unit rumah kediaman para veteran di Kalimantan Timur segera direnovasi dalam program Bedah Rumah Veteran oleh PT Pupuk Indonesia dan PT Hutama Karya.

"Programnya sudah dimulai sejak Juni lalu dan terus berlanjut sampai Desember nanti," kata Direktur Sumber Daya Manusia dan Tata Kelola PT Pupuk Indonesia Achmad Tossin Sutawikara di Balikpapan, Selasa.

PT Pupuk Indonesia adalah perusahaan induk dari PT Pupuk Kalimantan Timur.

Menurut Tossin, rumah-rumah itu tersebar mulai dari selatan di Tana Paser hingga ke utara, di Tanjung Redeb, Berau. Rinciannya, ada 18 rumah di Balikpapan termasuk Kecamatan Samboja, 11 rumah di Samarinda, 6 rumah di Tana Paser, Kabupaten Paser, 3 rumah di Tanjung Redeb, 2 rumah di Tenggarong, dan 5 rumah di Bontang.

"Kami harapkan 2 unit dari 5 rumah yang ada di Bontang segera selesai sebelum tanggal 17 Agustus," ucapnya. Sebab, pada perayaan hari Kemerdekaan RI itulah rumah yang sudah selesai di renovasi itu akan diserahkan kembali kepada veteran pemiliknya.

Acara Bedah Rumah ala BUMN ini sudah yang kedua kalinya digelar. Pelaksanaan pertama di tahun 2015 ditangani sepenuhnya oleh Garuda Indonesia dan merenovasi hingga 40 unit rumah.

PKT dan Hutama Karya menggandeng Kodam VI Mulawarman sebagai pelaksana di lapangan.

"Saya tugaskan Zeni Bangunan. Mereka yang paham konstruksi," kata Panglima Kodam VI Mulawarman Mayor Jenderal TNI Johny L Tobing.

Setelah di renovasi, rumah-rumah para veteran ini diharapkan akan jadi tempat tinggal yang lebih layak.

"Ini satu cara kita menghargai dan menghormati orang-orang yang sudah berkorban demi kita semua," kata Sutawikara. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016