Samarinda (ANTARA Kaltim) - Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang mengunjungi lokasi  kebakaran yang menimpa warga RT 67 dan RT 73 Kelurahan Loa Bakung, Kecamatan Sungai Kunjang, Senin (20/6). Apalagi kejadian yang menimpa puluhan Kepala Keluarga (KK) itu bertepatan dengan momen puasa di bulan suci Ramadhan. 

Ia mengaku prihatin atas musibah kebakaran yang  terjadi, apalagi kejadian yang menimpa puluhan Kepala Keluarga (KK) itu bertepatan dengan momen puasa di bulan suci Ramadhan. ketika mendapat  kabar, dia  memerintahkan camat dan lurah  untuk datang kelokasi melihat kondisi warga yang terkena musibah.

"Saya prihatin dan langsung menghubungi Camat dan Lurah untuk  mengecek kondisi warga yang menjadi korban kebakaran.  terjadi Sempat simpang siur informasinya. Katanya ada korban jiwa. Tapi setelah dicek kembali, ternyata Alhamdulillah tidak ada satupun korban jiwa," kata Syaharie Jaang, yang didampingi sejumlah pejabat Pemkot Samarinda saat berkunjung ke lokasi kebakaran, Selasa (21/6) kemarin. 


Ia mengaku jika saat peristiwa kebakaran tidak ada agenda kegiatan di Kecamatan Palaran, maka dirinya akan datang kelokasi musibah kebakaran itu.Namun karena harus menghadiri beberapa acara lain yang tak kalah pentingnya di Palaran,makanya saat  ini baru bisa berkunjung kelokasi.

"Semoga bapak dan ibu sekalian diberikan kemudahan rezeki untuk kembali menata hidup kedepan bersama anak-anak sekalian," ujarnya sambil menyalami para korban kebakaran.

Jaang menekankan pada anak-anak yang bersekolah,menjadi korban kebakaran untuk tetap bersekolah dan meminta kepada Ketua RT dan Lurah untuk melakukan pendataan kepada warganya yang terkena musibah kebakaran.

Menurutnya berdasarkan informasi bahwa ada sekitar 29 anak sekolah mulai TK hingga SMA yang menjadi korban kebakaran. Dia meminta supaya didata dan diperhatikan apa saja yang menjadi kebutuhan sekolah mereka, agar saat sekolah nanti, tidak ada lagi kendala. 

"Mereka nanti bisa dibantu melalui dana infaq pegawai Pemkot Samarinda,"katanya.

Sementara itu Lurah Loa Bakung, Fahmi Muzakkir mengaku berterimakasih atas kunjungan langsung Wali kota kelokasi musibah kebakaran dan  memberikan bantuan.

"Kami langsung membentuk tim khusus yang dikoordinir Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Loa Bakung, Puguh Santoso, tugasnya adalah untuk menangani semua yang menyangkut korban kebakaran. Termasuk yang menyangkut bantuan bagi para korban," katanya.

Fahmi menjelaskan semua bantuan dikoordinir  oleh tim  yang dibentuk. Dia juga mengimbau bagi organisasi atau paguyuban apapun yang meminta sumbangan untuk korban kebakaran diminta supaya melapor ke tim atau minimal ke kelurahan agar  terkoordinir dengan baik. 

"Semoga dibalik musibah ini,ada hikmahnya bagi kita semua dan membuat warga lebih berhati-hati lagi terhadap bahaya kebakaran, terlebih di bulan puasa kegiatan memasak cukup tinggi,"ujar Fahmi. (*)


Pewarta:

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016