Penajam (ANTARA Kaltim) -  Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mencanangkan pelaksanaan percepatan program kependudukan dan keluarga berencana melalui bakti sosial TNI Manunggal KB Kesehatan, di Kelurahan Maridan, Kecamatan Sepaku, Senin.

Pencanangan TNI Manunggal KB yang dilakukan, Senin, untuk membantu pemerintah dalan menekan pertumbuhan penduduk, sekaligus bentuk kepedulian terhadap masyarakat untuk mengikuti program KB tanpa biaya.

Menurut Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar, salah satu upaya yang telah dan terus dilakukan untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk adalah melalui program pencanangan TNI Manunggal KB Kesehatan.

"Program itu secara nyata bisa memberikan pengaruh positif sekaligus memberikan kontribusi bagi masyarakat, terutama keluarga sejahtera," ujarnya.

Program tersebut juga membina peserta KB aktif dalam memberikan pelayanan melalui komunikasi informasi edukatif di bidang keluarga berencana.

"Jadi angka kelahiran dan kematian bayi serta ibu melahirkan cenderung dapat diturunkan," kata Yusran Aspar.

Ia berharap, kemampuan Bintara Pembina Desa (Babinsa) mampu membantu pemerintah dalam upaya menekan laju pertumbuhan penduduk serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan yang sama Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Kalimantan Timur, Sukaryo Teguh Santoso menambahkan, TNI merupakan mitra kerja yang sangat potensial dalam mempercepat pencapaian keberhasilan program KB.

"Kerja sama itu juga berdampak terhadap peningkatan pembangunan di bidang kesehatan, pendidikan dan perekonomian," jelasnya.

Saat ini tambah Sukaryo Teguh Santoso, kerja sama dengan TNI tidak hanya terfokus pada pelayanan KB semata, namun juga meliputi kegiatan prioritas berkaitan dengan kependudukan dan pembangunan keluarga. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016