Samarinda (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 271 atlet pelajar sekolah dasar dari kabupaten/kota di Kalimantan Timur siap berlaga pada ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional atau O2SN tingkat provinsi di Samarinda, 23-26 Mei 2016.

"Mereka merupakan atlet pemula dan atlet pendamping dari sembilan kabupaten/kota di Kaltim. Hanya ada satu daerah yang tidak ikut O2SN tahun ini, yakni Kabupaten Mahakam Ulu," ujar Kepala Bidang Pembinaan TK, SD dan SLB Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim Healthyana Marta Mou di Samarinda, Kamis.

Pelaksanaan O2SN jenjang SD yang bersamaan dengan 02SN Sekolah Luar Biasa ini mempertandingkan delapan cabang olahraga, yakni atletik, bulu tangkis, tenis meja, catur, renang, karate, bola voli mini, dan pencak silat.

Ia menjelaskan para juara dari ajang ini akan mewakili Kontingen Kaltim pada O2SN tingkat nasional di Jakarta, Juli mendatang.

Tujuan digelarnya O2SN antara lain meningkatkan kecintaan dan apresiasi terhadap bidang olahraga, meningkatkan kecakapan kolaboratif dan kooperatif, meningkatkan kesehatan jasmani dan mutu akademis.

Pertandingan delapan cabang olahraga tersebar di sejumlah tempat, seperti kolam renang Segiri, Stadion Utama Palaran untuk atletik, tenis meja di gedung SD 006, dan bulu tangkis di Gedung Sarijaya.

Untuk cabang olahraga karate bertempat di Gedung Serbaguna SMP 4 Samarinda, pencak silat di Gedung IPSI Kaltim, bola voli Mini di lapangan Kodim 0901 Samarinda, dan catur di Hotel Grand Sawit.

"Mulai Kamis ini hingga Minggu, atau sehari sebelum pelaksanaan lomba, panitia bersama tim keabsahan melakukan verifikasi untuk meneliti keabsahan materi lomba yang dipersiapkan," ujarnya

Dilanjutkan tahapan penerimaan kedatangan peserta, pembukaan perhelatan O2SN SD, hingga penyampaian teknis lomba oleh koordinator dan wasit pada 23 Mei 2016 di Hotel Grand Sawit Samarinda. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016