Sangatta   (ANTARA Kaltim) -  Bupati Kabupaten Kutai Timur, Ismunandar  meresmikan dua Gedung  Koperasi Serba Usaha  (KSU)  Min  Bea Glang Mandiri dan  KSU Min Sun Lekut  senilai Rp2,4 miliar yang bermintra dengan  perusahaan perkebunan sawit PT Dharma Setya Nusantara (DSN) Group.

“Saya memberi  apresiasi dan penghargaan kepada manajemen  perusahaan perkebunan  kelapa sawit DSN Group yang selama ini melakukan pembinaan  dan kemitraan  terhadap  dua  koperasi  yang ada,” katanya   saat  meresmikan dua Gedung Koperasi di Desa  Dea Beq , Kecamatan Muara Wahau ,Kabupaten Kutai Timur.

Ia mengatakan, masyarakat  yang  merupakan   anggota koperasi  saat ini  telah menikmati hasilnya  karena  kerja keras pengurus dan dukungan anggotanya serta  bermitra  PT  DSN Group.

“Ini adalah bukti semangat  para pengurus dan anggota koperasi  serta peran pihak swasta   dalam rangka  membangun dan meningkatkan kesejateraan masyarakat  khususnya di Kutai Timur,” katanya.

Ismunandar   juga mengungkapkan  pengalamannya   pada saat dirinya  menjabat  Asisten Ekonomi  dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur  pada tahun 2006,  sempat beberapa kali  pihak  manajemen   PT.DSN mengeluhkan sulitnya warga diajak bermitra.

Diakuinya  memang  agak sulit  meyakinkan masyarakat  agar menanam sawit kemitraan . Meskipun  awalnya  sulit namun berkat kerja keras  dan membutuhkan waktu  untuk meyakinkan, akhirnya  membuahkan hasil.

“Masyarakat  lambat laun memahami  dan bersedia menanam sawit  serta  menjadi  anggota koperasi, sehingga hasilnya sekarang dapat dinikmati para anggotanya,” ujarnya.

Sementara itu  dua  gedung  koperasi  kemitraan yang diresmikan  yakni  KSU  Min  Bea Glang Mandiri di Desa  Dea Beq  dengan nilai  sebesar  Rp 1,9 miliar dan KSU Min Sun Lekut, di Desa Bea Benhes  senilai  Rp500 juta , sehingga totalnya  Rp2,4  miliar.

Dalam kesempatan itu  juga  Ismunandar  berpesan  kepada pengurus  koperasi lainnya yang ada  di Kutai Timur, jika ingin melakukan  studi banding tidak perlu jauh-jauh keluar  daerah , tapi cukup  ke  KSU  di desa  Benhes dan  KSU di desa Dea Beq.

Pada  acara  peresmian  gedung  KSU  di Desa  Dea Beq , Kecamatan Muara Wahau   Bupati Ismunandar  didampingi sejumlah Kepala SKPD,  Dandim 0909 Letkol Inf. Setyo Wibowo  dan Kapolsek Muara Wahau AKP Sukirno.(*)


Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016