Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0904 Tanah Grogot, Kabupaten Paser, akan membangun jalan dan irigasi sepanjang lima kilometer.

Komandan Kodim 0904 Tanah Grogot Letnan Kolonel Armed Mulyadi, dihubungi di Tanah Grogot, Selasa menyatakan, pembangunan jalan dan irigasi sepanjang lima kilometer tersebut merupakan bagian dari program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-96 tahun 2016.

"Pelaksanaan TMMD ke-96 di Kabupaten Paser, dipusatkan di Desa Atang Pait dan Desa Pait Kecamatan Longikis. Kegiatan dimulai 3 Mei sampai 1 Juni 2016," ujar Armed Mulyadi.

"Pada pelaksanaan TMMD 2016 tersebut, kami akan melaksanakan berbagai kegiatan fisik diantaranya, pembuatan jalan dan irigasi sepanjang lima kilometer, pemasangan gorong-gorong, pembangunan tiga unit pos kamling, pembangunan satu unit rumah layak huni serta pembangunan satu mushola," katanya.

Selain kegiatan fisik, pelaksanaan TMMD ke-96 itu lanjut Armed Mulyadi juga akan dilaksanakan kegiatan nonfisik diantaranya, penyuluhan di bidang hankam, pembinaan mental, kesehatan, hukum, pertanian dan perkebunan serta penataan lingkungan.

Sementara, Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi saat membuka program TMMD ke-96 menyatakan, kegiatan itu bertujuan mempercepat pembangunan desa dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

TMMD lanjut Yusriansyah, merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri, lembaga pemerintah nonKementrian, lembaga daerah serta masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Paser tambah dia, menggelontorkan Rp2 miliar untuk pelaksanaan TMMD ke-96 tersebut.

"Menurut saya, anggaran Rp2 miliar yang diberikan pemerintah daerah untuk TMMD masih kurang. Namun, dengan semangat kemanunggalan TNI dibantu anggota Polri, Satpol PP dan masyarakat, mampu menyelesaikan program TMMD di Longikis," ujar Yusriansyah.

Pembukaan TMMD yang digelar di lapangan Booster St 2 Pertamina Desa Atang Pait Kecamatan Longikis itu, juga dihadiri pimpinan TNI/Polri di Kabupaten Paser, para Kepala SKPD lingkup pemerintah setempat, Kepala Desa Atang Pait dan Desa Pait, Camat serta masyarakat setempat.

"Program TMMD tahun ini bertujuan mempercepat pembangunan desa dan meningkatkan kesejahteraan rakyat," kata Yusriansyah.     (*)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016