Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kalimantan Timur mengevaluasi status juara Desa Suatang di Kabupaten Paser, sebagai persiapan mengikuti lomba desa tingkat nasional.

"Perwakilan BPMPD Kaltim masih mengevaluasi status juara Desa Suatang yang akan mewakili Kaltim pada lomba desa tingkat nasional 2016," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa BPMPD Paser Misran, Saat dihubungi di Tanah Grogot, Jumat.

Pada 2015 kata Misran, Desa Suatang yang berada di Kecamatan Pasir Belengkong, berhasil meraih predikat desa terbaik pada lomba desa tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

Berdasarkan Permendagri Nomor 81 tahun 2015 yang mengatur tentang desa disebutkan bahwa, ada tiga kategori desa yakni desa kurang berkembang, berkembang dan sangat berkembang.

"Desa yang bisa mengikuti lomba desa tingkat nasional yakni, minimal masuk dalam kategori desa berkembang," ujar Misran.

"Jika hasil evaluasinya nanti Desa Suatang dikategorikan sebagai desa kurang berkembang, maka bisa dipastikan Provinsi Kaltim tidak mempunyai perwakilan pada lomba desa tingkat nasional tahun ini," tutur Misran.

Kriteria desa berkembang menurut Misran, dilihat dari beberapa aspek diantaranya, kesehatan masyarakat, keamanan, pemerintahan dan partisipasi masyarakat.

Selain itu tambahnya, juga terlihat dari keberhasilan desa dalam pemberdayaan dan kesehatan keluarga, program unggulan inovasi daerah seperti teknologi tepat guna, kearsipan, perpustakaan, ditambah hal-hal menonjol di desa itu.

"Saat ini, telah ada fasilitas internet di Desa Suatang dan telah dibangun beberapa fasilitas pemberdayaan masyarakat serta fasilitas kesehatan," ujarnya.

BPMPD Paser bersama Kepala Desa Suatang lanjut Misran, terus melengkapi persyaratan agar desa itu masuk dalam kategori desa berkembang.     (*)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016