Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Paser menerima dana sebesar Rp1,4 miliar pada 2016 untuk kelompok usaha bersama daerah itu.

"Dana untuk Kube tersebut bersumber dari bantuan pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Paser Amiruddin Ahmad di Tanah Grogot, Selasa.

Ia merinci bantuan untuk Kube tersebut yakni, Rp1 milyar dari Kementerian Sosial dan Rp400 juta bersumber dari Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur.

Dana tersebut lanjut Amiruddin Ahmad, akan diberikan kepada 50 kelompok usaha bersama yang ada di Kabupaten Paser.

"Setiap kelompok beranggotakan 10 orang dan akan mendapatkan bantuan sebesar Rp20 juta per kelompok," ujar Amiruddin Ahmad.

Program Kube tambah Amiruddin Ahmad merupakan program pengentasan kemiskinan dengan pemberian modal kepada sejumlah kelompok usaha.

Pemerintah kata Amiruddin Ahmad, tidak membatasi jenis usaha, baik itu usaha di bidang pertanian, peternakan atau pun usaha industri rumah.

"Tidak ada ketentuan jenis usaha bagi penerima program Kube ini yang penting uang yang diberikan digunakan untuk kegiatan usaha," tutur Amiruddin Ahmad.

Ia menghimbau kepada warga Paser yang memiliki kelompok usaha yang memerlukan bantuan usaha agar dapat mendatangi kantor Dinas Sosial Kabupaten Paser.

"Bagi kelompok usaha yang memerlukan bantuan agar menghubungi Dinas Sosial Paser. Jika persyaratan dan proses verifikasi telah dilakukan, maka akan diberikan bantuan modal untuk usaha," kata Amiruddin Ahmad.    (*)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016