Samarinda (ANTARA Kaltim) - Kepala UPTD SMK Pelayaran Kalimantan, Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tmur, Priambodo Prakoso menegaskan lulusan SMK tersebut rata-rata langsung diterima kerja di perusahaan pelayaran karena mereka telah teruji dan terampil.

"Sebenarnya tiap tahun kami mempersilahkan mereka melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi setelah lulus SMK, tetapi kebanyakan mereka langsung menerima tawaran kerja setelah praktik di perusahaan pilihannya," ujar Priambodo Prakoso di Samarinda, Rabu.

Seperti lulusan tahun 2015 ini, lanjut dia, semua taruna/taruni yang sudah teruji saat praktik magang di perusahaan pelayaran, semuanya langsung diterima kerja, sehingga lulusan tahun ini tidak ada yang melanjutkan kuliah, tetapi langsung bekerja di berbagai perusahaan pelayaran.

"Mungkin karena mereka sudah merasakan gaji tinggi meskipun baru masuk kerja, sehingga kebanyakan dari mereka menunda kuliah. Lagi pula tujuan mereka sekolah di SMK Pelayaran Kalimantan ini karena ingin cepat terserap di pasar kerja," ujarnya.

Di sekolah yang dipimpinnya itu hanya memiliki dua jurusan pelayaran, yakni Nautika dan Teknika, sementara taruna dan taruninya telah memiliki keterampilan di bidang masing-masing dan memiliki daya saing tinggi di bidangnya.

Sejumlah kapal miliki beberapa perusahaan pelayaran tempat mereka praktik yang kemudian diterima bekerja di perusahaan itu antara lain, PT Pacific Indonesia Lines, PT Menteri Selat Perkasa, PT Bayu Mas Jaya Mandiri.

Kemudian PT Meratus Lines, PT Bunga Nusa Mahakam, PT Daya Kaltim Bahagia, PT Pelayaran Nasional Indonesia, PT ASDP Indonsia Ferry, PT Bunga Teratai, dan PT Borneo Karya Swadiri.

"Saat masih praktik, para taruna dan taruni kami berlayar bukan hanya di laut Indonesia, tetapi sudah sampai hingga manca negara, namun yang paling jauh baru sampai di Abu Dhabi, Emirat Arab. Sekarang setelah mereka resmi bekerja, mungkin sudah berlayar ke beberapa penjuru dunia," kata Piyo, panggilan akrabnya.

Piyo juga mengatakan, sekolah yang berlokasi di Jalan Batu Cermin Samarinda ini disebut SMKN Pelayaran Kalimantan, karena marupakan satu-satunya SMK Pelayaran di Pulau Kalimantan yang kredibilitasnya diakui oleh Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI.  (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015