Samarinda (ANTARA Kaltim) - Dua laman Satuan Perangkat Kerja Daerah Provinsi Kalimantan Timur, masing-masing Dinas Perkebunan dan Dinas Peternakan memperoleh juara nasional lomba pemeringkatan Komisi Informasi Publik di lingkungan Kementerian Pertanian.

"Alhamdulillah, website (laman) kami kembali meraih juara pertama dalam lomba pemeringkatan Komisi Informasi Publik (KIP) berbasis web lingkup Kementerian Pertanian," ujar Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur Etnawati dihubungi dari Samarinda, Selasa.

Penghargaan laman terbaik nasional itu diserahkan langsung Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat upacara peringatan Hari Korpri di Jakarta, Senin (30/11).

Selain laman Dinas Perkebunan (www.disbun.kaltimprov.go.id), ada pula laman Dinas Peternakan Kaltim (www.peternakan.kaltimprov.go.id) yang meraih peringkat ketiga.

Pengumuman juara tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 657/Kpts/TI.130/11/2015 tentang Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik Berbasis Web Lingkup Kementerian Pertanian, ditetapkan tiga web terbaik untuk kategori provinsi.

Tiga provinsi itu adalah SKPD dari Dinas Perkebunan Kaltim sebagai terbaik pertama, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Jawa Barat sebagai terbaik kedua, dan Dinas Peternakan Kaltim sebagai terbaik ketiga.

Menurut Etnawati, laman Disbun Kaltim telah beberapa kali menorehkan prestasi di tingkat nasional melalui lomba situs web Kementerian Pertanian, seperti enam kali masuk nominasi 10 besar terbaik nasional.

Kemudian empat kali meraih peringkat kedua pada tahun 2005, 2011, 2012 dan 2014. Sementara di tingkat Provinsi Kaltim, Disbun meraih juara pertama kategori pengelolaan laman terbaik lingkup SKPD Pemprov Kaltim tahun 2015, kemudian meraih juara pertama tingkat nasional.

"Keberhasilan yang kami raih ini tidak lepas dari wujud konsistensi Disbun dalam memberikan pelayanan dan informasi pembangunan perkebunan di Kaltim, karena kami mengutamakan pelayanan publik yang akuntabel, cepat, dan tepat dalam menyajikan data yang akurat melalui website," katanya. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015