Samarinda (ANTARA Kaltim) - Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kaltim yang diwakili Kabid Advin  Drs Achmad Takdir mengungkapkan bahwa BKKBN  membuat program baru yang diberi nama Kampung Keluarga Berencana (KB)  yang siap diluncurkan pada awal 2016  mendatang.

"Kampung KB akan dibangun di setiap  kampung atau desa dengan harapan kesejahteraan masyarakat dapat meningkat setelah mengikuti  program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK)," katanya  pada pembukaan Jambore PKB/PLKB dan IMP Tingkat Kota Samarinda,Minggu.

Ia  berharap  setelah dicanangkan secara nasional,  untuk di Provinsi Kaltim, Kota Samarinda menjadi pelopor  didirikannya kampung KB, kemudian diikuti sejumlah kabupaten dan kota lainnya di Kaltim. Oleh karena itu ia berharap kepada Badan  Keluarga Berencana dan Keluaga Sejahtera (KBKS)  Kota Samarinda untuk melakukan persiapan.

Achmad Takdir menjelaskan  gaung dari program KB saat ini  dimasyarakat  tidak   terdengar   atau mengalami penurunan, untuk itulah kembali digalakkan  dengan didirikannya kampung KB agar masyarakat kembali  peduli dengan program KB.

 Selain itu  katanya melalui kampung KB akan digalakkan program revolusi mental  barbasis keluarga  untuk membangun karakter  bangsa.

"Intinya kampung KB ingin menciptakan  suatu kampung yang bernuansa program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga yang akan diluncurkan awal 2016 dan diikuti sejumlah Provinsi dan Kabupaten /kota  se-Indonesia," katanya.

 Kepala Badan KBKS  Kota Samarinda  Arliansyah   menambahkan bahwa   terkait rencana didirikannya kampung KB   oleh BKKBN, pada prinsipnya  Kota Samarinda siap mendukung  program pemerintah tersebut.

"Dengan adanya kampung KB ini  kembali digaungkan , menyebarluaskan informasi   berkaitan   program kependudukan dan KB di Kota Samarinda tepat sasaran," katanya.

Sementara    kegiatan Jambore PKB/PLKB dan IMP Tingkat Kota Samarinda  dihadiri sekitar seratus peserta  dari 10 Kecamatan yang ada di Kota Samarinda.

"Tujuan dari kegiatan  jambore tersebut  untuk memberikan penghargaan, motivasi kepada tenaga PKB/PLKB  yang  selama  ini terus  melakukan  penyuluhan dengan mengajak  masyarakat untuk ikut program KB , selain  itu juga sebagai ajang silaturahmi," kata Ketua Panitia  Siti Maya Sari (*)

Pewarta: Rachmad

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015