Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Wali Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Syaharie Jaang mengajak masyarakat untuk membudayakan gemar makan ikan, selain karena memiliki nilai gizi tinggi, juga membantu pengusaha lokal yang bergerak di bidang perikanan.

"Ikan itu proteinnya sangat tinggi sehingga sangat baik untuk perkembangan otak anak kita. Selain itu, dengan banyak makan ikan, maka semakin membantu pengusaha lokal yang bergerak di bidang perikanan," ujar Syaharie Jaang saat membuka lomba memasak pada Festival Mahakam 2015 di Samarinda, Minggu.

Menurut ia, untuk mendapatkan ikan di Samarinda tidak terlu sulit, mengingat daerah yang dipimpinnya berada tepat di pinggir Sungai Mahakam. Ibu Kota Provinsi Kaltim itu juga menjadi salah satu daerah penghasil ikan air tawar.

"Buktinya, banyak pengusaha tambak ikan yang tersebar di seluruh penjuru kota ini)," katanya.

Pada lomba memasak dengan tema `Ayo Menggoreng Ikan` yang dipusatkan di Kompleks Islamic Center Jalan Slamet Riyadi Sungai Kunjang itu, diikuti 1.200 anggota PKK yang tersebar di seluruh kelurahan di Kota Samarinda.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Samarinda sempat menantang ibu-ibu yang hadir untuk lomba memasak, terutama menggoreng ikan.

"Saya bisa beradu dengan ibu-ibu bagaimana caranya menggoreng yang baik agar ikannya tidak lengket di wajan," ujar Syaharie Jaang yang saat itu juga ikut menggoreng ikan bersama Wakil Wali Kota Nusyirwan Ismail.

Ia mencontohkan, orang Jepang terkenal sangat pintar karena mereka rajin mengonsumsi ikan.

"Saya juga mengimbau seluruh warga untuk datang dan ikut meramaikan kegiatan Festival Mahakam. Ini bagian dari upaya untuk mengangkat nilai seni dan budaya daerah kita," kata Syaharie Jaang.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Samarinda Puji Setyowati menjelaskan kegiatan Festival Mahakam merupakan agenda tahunan yang sudah berlangsung selama 15 tahun.

Bahkan, setiap tahun penyelenggaraan Festival Mahakam selalu mengalami kemajuan baik dari sisi kuantitas maupun kualitas.

"Dukungan juga terus bertambah termasuk dari para sponsor yang ikut menyukseskan Festival Mahakam," katanya.

"Kegiatan gemar makan ikan ini juga bagian dari upaya kita mendukung program Menteri Kelautan dan Perikanan ibu Susi Pudjiastuti. Sekali lagi, kami sampaikan terima kasih kepada para sponsor yang telah mendukung kegiataan ini," kata Puji Setyowati. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015