Samarinda (ANTARA Kaltim) - Festival Mahakam ke-15 yang akan dilaksanakan 6-8 November 2015 tetap konsisten menonjolkan seni budaya kreatif, kata Kepala Dinas Pariwisata, Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda, HM Faisal.

"Hal ini tentunya tidak terlepas dari salah satu tujuan penyelenggaraan Festival Mahakam yakni, pelestarian seni budaya sehingga akan selalu menyentuh materi budaya," kata Faisal, saat dihubungi di Samarinda, Selasa.

"Jadi, kami akan tetap konsisten menggelar kegiatan yang bernilai seni budaya asli maupun yang kreasi pada Festival Mahakam tahun ini (2015)," katanya.

Seni budaya yang akan ditampilkan pada Festival Mahakam 2015 itu, kata Faisal, diantaranya, lomba tari kreasi dengan tiga kategori yaitu, kategori tari pesisir, tari pedalaman dan kategori tari jepen tingkat sekolah dasar.

"Sejak tahun lalu (2014), antusias peserta kategori tari jepen tingkat SD sangat besar, sehingga tahun ini (2015) akan kami gelar kembali sebagai upaya pelestarian dan mendukung pengembangan kegiatan ekstra seni budaya di sekolah," ujar Faisal Faisal.

Selain lomba tari kreasi daerah, pada Festival Mahakam ke-15 tersebut, lanjut Faisal, juga akan digelar pawai budaya nusantara.

"Khusus kirab ini dengan nuansa budaya nusantara dari paguyuban etnis yang ada di kota Samarinda. Ada juga lomba masak dengan tema `Ayo Goreng dan Makan Ikan Bersama` dengan 1.200 ibu-ibu, Mahakam Batik Fashion dan upacara adat Hudoq Kawit," katanya.

"Upacara adat akan kami gelar secara bergiliran dari beberapa suku yang ada di Kota Samarinda agar bisa saling mengenal upacara adat masing-masing. Sementara pada Mahakam Batik Fashion dengan tema utamanya adalah batik Samarinda," ujar Faisal. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015