Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekominfo) Kota Samarinda tahun ini kembali menggelar Festival Mahakam 2015 yang dimeriahkan lomba berenang menyeberangi Sungai Mahakam.

"Lomba Berenang menyeberangi Sungai Mahakam merupakan even yang ditunggu-tunggu masyarakat karena lomba itu benar-benar merakyat dan unik," kata Kepala Dinas Disparekominfo Kota Samarinda, HM Faisal di Samarinda, Selasa (13/10).

Ia mengatakan tahun ini ada tujuh kegiatan lomba di perairan Sungai Mahakam, salah satu yang cukup khas  dan menarik adalah lomba berenang menyeberangi Sungai Mahakam yang mana dibagi menjadi kelompok junior dan senior serta kategori laki-laki dan perempuan.

Lomba  lainnya  di perairan Sungai Mahakam  seperti  lomba balap perahu tambangan, balap perahu Ces,  balap perahu Dumping, balap power Boating dan Jetski. Selain itu  akan ada atraksi Fly  Board .  Atraksi Flay  Board  untuk pertama kali  di Indonesia dilaksanakan di Sungai,  karena selama ini lebih banyak dimainkan  di laut.

Menurutnya untuk lomba jetski dilaksanakan di perairan sungai Mahakam, tepatnya di depan Masjid Islamic Center di jalan Slamet Riadi. Adapun  pelaksanaan Festival Mahakam  berlangsung dari tanggal 6 sampai 8 Nopember 2015 di sepanjang Tepaian Mahakam yang puncaknya pada hari Minggu (8 /11).

Lanjut  Faisal , panitia juga telah melakukan koordinasi dengan Kantor Adpel Samarinda sehingga alur sungai Mahakam selama   kegiatan berlangsung ditutup. Jadi kapal besar dan ponton tidak boleh lewat  atau beraktivitas  untuk kelancaran  dan keamanan.

Dikemukakannya bahwa pelaksanaan Festival Mahakam juga di isi dengan beberapa kegiatan yang tidak kalah menarik seperti upacara adat Hudoq Kawit, pawai budaya  nusantara, , lomba tari kreasi pesisir, lomba tari kreasi pedalaman, lomba tari jepen pelajar SD, lomba masak tradisonal dan Mahakam Batik Fashion.(*)






Pewarta: Rachmad

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015