Penajam (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, akan memprioritaskan pembangunan infrastrukltur khususnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Program skala besar yang bersentuhan langsung dengan masyarakat atau yang menyangkut hajat hidup orang akan menjadi program prioritas dalam pembangunan infrastruktur di Kabupaten Penajam Paser Utara," kata Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar, Senin.

Ia mengatakan program prioritas itu di antaranya persediaan air bersih, bendungan dan pembangunan pasar di seluruh kecamatan. "Kami juga merencanakan pembangunan pasar semimodern di empat kecamatan," katanya.

Di Kecamatan Penajam lanjut Yusran Aspar, sudah ada pasar semi modern, sehingga saat ini tersisa tiga kecamatan yang belum memiliki pasar semi modern yakni Kecamatan Babulu, Waru dan Kecamatan Sepaku. Namun rencana pembangunan pasar semi modern di tiga kecamatan tersebut tambahnya, masih terkendala pembebasan lahan.

"Uangnya sudah ada namun terkadang sudah dianggarkan tetapi tidak cukup sehingga proses pembebasan lahan untuk pembangunan pasar semi modern di tiga kecamatan itu belum selesai," Yusran Aspar.

Sejumlah proyek infrastruktur yang belum rampung di tahun sebelumnya kata Yusran Aspar, juga akan kembali dimasukkan pada APBD (anggaran pendapatan belanja daerah) 2016 salah satunya, pembuatan taman di depan Stadion Penajam Paser Utara, yang belum dilengkapi dengan drainase dan sarana pendukung lainnya.

Ia meminta agar dalam Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) lebih mencermati program dan kegiatan yang akan dituangkan dalam APBD 2016.

"Pembahasan (APBD 2016), harus dibahas secermat mungkin untuk menghasilkan program prioritas dan menyentuh masyarakat banyak," ujarnya.

"Pembahasan anggaran 2016, juga harus dibahas terkait penyelesaian pembebasan tanah terhadap perencanaan dan proyek yang belum selesai, sehingga pelaksanaan proyek dapat berjalan dengan baik," ungkap Yusran Aspar.    (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015