Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak menjadi inspektur upacara peringatan hari ulang tahun ke-70 TNI di Lapangan Merdeka Balikpapan, Senin.

Awang memimpin kegiatan itu menggunakan kursi roda yang dinaikan ke podium tempat upacara dengan komandan upacara Letkol (P) Ardian Budi Darma.

Gubernur dengan semangat melakukan pemeriksaan pasukan yang mengikuti upacara dengan menggunakan mobil berkeliling lapangan.

Selain itu, Awang juga melihat dan memberi penghormatan terhadap barisan defile yang diantaranya didampingi oleh Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Safarudin.

Defile tersebut diikuti oleh 1.353 orang serta dipamerkan pula alat utama sistem pertahanan TNI. Bahkan masyarakat dilibatkan dengan menumpang semua kendaraan milik TNI.

Acara TNI di Lapangan Merdeka Balikpapan diwarnai pula dengan drama kolosal tentang perjuangan Jenderal Sudirman dan acara panggung prajurit yang diperuntukan bagi masyarakat.

Seusai upacara Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono mengatakan TNI bersama rakyat menjadi kuat dan hebat serta profesional untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat.

"Pemahaman kuat di sini apabila terjadi kemanunggalan yang kuat, maka otomatis TNI kuat karena rakyat adalah rohnya. Dengan kemanunggalan maka negara lain akan sungkan karena yang bertempur dengan TNI tapi rakyatnya," kata Benny. (*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015