Penajam (ANTARA Kaltim) - Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Penajam Paser Utara, tengah mempersiapkan pelaksanaan pemilihan kepala desa atau Pilkades serentak pada 15 Desember 2015.

"Persiapan pilkades serentak yang akan digelar pertengahan Desember 2015 baru mencapai 7 persen," ungkap Kepala BPMPD Kabupaten Penajam Paser Utara, Dul Azis ketika dihubungi di Penajam, Minggu.

BPMPD Kabupaten Penajam Paser Utara kata Dul Azis, telah melakukan berbagai upaya untuk menyukseskan pilkades serentak tersebut, termasuk akan menggelar rapat lintas instansi untuk membahas terkait pengamanan.

Pendataan jumlah pemilih pada pilkades serentak yang digelar di 13 desa itu lanjut Dul Azis telah rampung dan selanjutnya BPMPD akan memfasilitasi pembentukan panitia pilkades di masing-masing desa.

"Pendataan jumlah pemilih telah rampung, kemudian juga akan dibentuk panitia pilkades di setiap desa," kata Dul Azis.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara tambah dia, baru pertama kali menggelar pilkades secara serentak, sehingga BPMPD terus mematangkan berbagai persiapan pelaksanaan pilkades tersebut.

"Untuk pengamanan, kami akan berkoordinasi dengan TNI/Polri, termasuk Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Tahun ini (2015) pertama kali digelar pilkades sehingga persiapan harus benar-benar matang," ujar Dul Azis.

Belasan desa yang menggelar pilkades tersebut kata Dul Azis, merupakan daerah yang masa jabatan kepala desa telah berakhir pada pertengahan 2015, diantaranya Desa Agromulyo, Desa Sukomulyo, Desa Sebakung Jaya dan Desa Binuang serta beberapa desa lainnya yang tersebar di Kabupaten Penajam Paser Utara.    (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015