Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 1.600 peserta mengikuti Jambore "Mountain Bike" Jelajah Alam Kota Raja ke-5 yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga Kutai Kartanegara, dan Kukar Cycling Community (KCC).

"Jambore tahun ini (2015) merupakan kegiatan dengan peserta paling banyak jumlahnya dibanding kegiatan serupa di tahun-tahun sebelumnya," ungkap Penjabat Bupati Kutai Kartanegara H Chairil Anwar sesaat sebelum melepas peserta jambore, di lokasi wisata Waduk Panji Tenggarong.

Pada kesmpatan itu, Chairil mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada seluruh peserta yang datang dari beberapa kabupaten kota se-Kaltim dan dari luar diantaranya dari Jawa Barat.

Kegiatan itu juga diikuti forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kutai Kartanegara.

Chairil mengapresiasi KCC yang konsisten dan sukses menggelar kegiatan olahraga, sekaligus memperkenalkan potensi alam dan pariwisata Kutai Kartanegara.

Sesuai tema Jambore tahun ini yakni `Begodak Padang Huma` sehingga peserta lebih banyak menempuh jarak lebih kurang 28 kilometer, dengan rute areal persawahan dan kebun warga di sekitar pinggiran Kota Tenggarong, Ibu Kota Kabupaten Kutai Kartanegara dengan suguhan pemandangan alam.

Pelaksana Tugas Kepala Dispora Kutai Kartanegara Tajuddin mengatakan, Jambore V Jelajah Alam Kota Raja yang disponsori Bank Kaltim cabang Tenggarong itu, dilaksanakan sekaligus dalam rangka memeriahkan hari jadi Tenggarong ke-233 dan Hari Olahraga Nasional.

"Selain itu kegiatan ini untuk memasyarakatkan olahraga sepeda gunung di Kutai Kartanegara dan Kaltim pada umumnya, juga mempromosikan Tenggarong sebagai daerah tujuan wisata," ujarnya.

Sementara, Ketua KCC Dafip Haryanto mengatakan, jambore tersebut juga sebagai ajang silahturahmi antar pecinta bersepeda, mengembangkan olahraga rekreasi, sehingga pelaksanaannya rutin dilaksanakan tiap tahun.

Jambore tersebut juga disediakan hadiah doorprize dan grandprize dari para sponsor bagi para goweser yang beruntung.

"Terimkasih kepada semua sponsor dan seluruh pendukung yang telah ikut membantu terlaksanannya Jambore Jelajah Alam Kota Raja ini," ungkap Dafip Haryanto.   (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015