Penajam (ANTARA Kaltim) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Penajam Paser Utara, bakal menerbitkan kartu identitas nelayan di daerah itu sebagai antisipasi penanganan jika terjadi kecelakaan saat mereka melaut.

Kepala Bidang Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Penajam Paser Utara Andi Trasodiharto di Penajam, Selasa, mengatakan pada kartu tersebut tertera data nelayan serta nomor yang tercatat pada kapal yang dioperasikan milik nelayan tersebut.

"Kartu identitas nelayan itu sebagai antisipasi jika terjadi kecelakaan ketika mereka melaut sehingga kami bisa menelusuri pemilik kapal yang terkena musibah kecelakaan di laut," katanya.

Kartu identitas tersebut, katanya, juga akan mempermudah nelayan dalam mendapatkan bantuan pemerintah berupa peralatan dan perlengkapan, serta mengikuti pelatihan yang diadakan oleh pemerintah.

"Nelayan yang memiliki kartu identitas tersebut akan mudah mendapatkan bantuan peralatan dan perlengkapan atau pelatihan dari pemerintah," kata Andi Trasodiharto.

Sebelum menerbitkan kartu identitas nelayan tersebut, Dinas Kelautan dan Perikanan akan melakukan pendataan ulang seluruh nelayan di Kabupaten Penajam Paser Utara, sehingga seluruh nelayan mendapatkan kartu identitas tersebut.

Kartu identitas nelayan tersebut, katanya, akan dibuat seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan pencetakannya tanpa dipungut biaya sehingga seluruh nelayan bisa memiliki kartu identitas tersebut.

"Setelah melakukan pendataan ulang terhadap seluruh nelayan yang ada, baru kami cetak kartu identitasnya kemudian dibagikan secara gratis," ujar Andi Trasodiharto.    (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015