Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kota Samarinda akhirnya merealisasikan bonus sebesar Rp23,7 miliar untuk atlet, pelatih, ofisial, dan manajer yang telah berprestasi pada Pekan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur V tahun 2014.

Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang menyerahkan secara simbolis bonus tersebut kepada perwakilan atlet dan pelatih dalam sebuah acara di GOR Segiri Samarinda, Jumat.

Syaharie Jaang mengatakan Samarinda pantas disebut kota atlet, karena banyak atletnya yang telah berprestasi baik di tingkat provinsi, nasional maupun Internasional.

Prestasi bagus tersebut dapat tercapat berkat pembinaan yang bagus pada cabang olahraga, serta ditunjang keberadaan sarana dan prasarana olehraga yang memadai.

"Bisa kita bilang bahwa sarana dan prasarana olahraga di Samarinda lebih memadai dibandingkan dengan kabupaten/kota yang lain, bahkan beberapa diantaranya sudah bertaraf internasional," jelas Jaang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Samarinda Ibnu Araby menambahkan bahwa bonus akan didistribusikan kepada atlet, pelatih dan ofisial mulai Senin (28/9) melalui transfer rekening bank.

Para penerima bonus terdiri dari 1.321 orang atlet, 196 pelatih, 16 ofisial, dan 46 manajer. Mereka harus menandatangani surat tanda terima penyerahan bonus sebagai laporan administrasi keuangan.

"Insya-Allah mulai Senin depan bagi yang punya rekening Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim bisa langsung mengecek transferan bonusnya, sedangkan bagi yang menggunakan rekening bank lain, mungkin masuknya agak terlambat dua atau tiga hari karena proses kliring bank," katanya.

Ia menambahkan untuk beberapa cabang olahraga yang saat ini atlet dan pelatihnya masih memperkuat kontingen Kaltim di pra-PON, bonus tetap akan ditransfer tetapi tanda tangan wajib dilakukan ketika sudah berada di Samarinda.

"Terkecuali untuk mereka yang belum mempunyai rekening, maka bonus akan ditahan dulu. Berdasarkan laporan ada lima penerima bonus yang belum punya rekening Bank Kaltim," tambahnya

Sementara itu, Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Bonus Atlet pada Dispora Samarinda Achmad Subhan mengatakan, bonus atlet Samarinda sebagai juara umum Porprov V dengan perolehan 312 emas, 180 perak dan 134 perunggu.

Menurut ia, total nilai bonus atlet Samarinda tersebut kurang lebih Rp23,7 miliar, dengan rincian untuk medali emas perorangan Rp30 juta, perak Rp10 juta dan beregu Rp5 juta.

Untuk medali emas beregu 2-4 orang sebesar Rp18 juta, perak Rp6 juta dan perunggu Rp3 juta.

Sedangkan nilai bonus untuk cabang olahraga beregu lebih dari empat orang masing-masing medali emas dapat Rp12 juta, perak Rp4 juta dan perunggu Rp2 juta.  (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015