Samarinda (ANTARA Kaltim) - Tim futsal Kalimantan Timur mulai melaksanakan pemusatan latihan di Samarinda untuk persiapan mengikuti kejuaraan nasional prakualifikasi PON pada November 2015 mendatang.

Sekretaris Umum Asosiasi Futsal Daerah (AFD) Kaltim Dodi di Samarinda, Kamis, mengatakan tim futsal beranggotakan sebanyak 20 atlet yang terpilih melalui hasil kejuaraan provinsi pada awal Agustus lalu.

"Persiapan tim futsal Kaltim ini terbilang singkat, sebab setelah selesai menggelar kejuaraan daerah sekaligus seleksi atlet di Samarinda beberapa waktu lalu, mereka langsung kita TC (training center/pemusatan latihan)-kan," jelas Dodi.

Ia mengatakan selama masa persiapan, atlet diinapkan di Asrama Atlet Kompleks Stadion Madya Sempaja dan latihan dilakukan di dua lapangan, yakni Vivo Five Futsal setiap Senin-Jumat, sementara Sabtu di lapangan C`mom.

"Jadwal latihan untuk teknik digelar sore, sedangkan pagi khusus untuk latihan fisik," tambah Dodi.

Untuk sementara waktu, program latihan masih ditangani asisten pelatih Deny Setiabudi, yang membawa tim futsal Kota Samarinda menjadi juara pada Kejurprov Kaltim lalu. Sementara Vennard Hutabarat selaku pelatih kepala akan mulai menangani tim pada 1 September mendatang.

"Vennard saat ini masih berada di Jakarta, pada 1 September nanti dia sudah datang di Samarinda dan mulai menangani tim," tegasnya.

Dodi menjelaskan pada pra-PON nanti, Kaltim masuk Zona V Wilayah Timur bersama Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Utara. Pra-PON dibagi menjadi dua putaran, yakni 32 dan 16 besar.

"Hanya juara grup dan `runner up` (peringkat kedua) yang akan lolos ke babak 16 besar," tambah Dodi.

Informasinya, pada 30 Agustus ini, Ketua Umum AFD Kaltim Sayid Rizal akan mengikuti rapat koordinasi AFD se-Indonesia yang salah satunya membahas jadwal dan tuan rumah pra-PON.

"Kita berharap bisa menjadi tuan rumah untuk memudahkan langkah dan persiapan kita bisa lolos PON," tambahnya.    (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015