Penajam (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, menyalurkan bantuan peralatan dan mesin pertanian kepada puluhan kelompok tani untuk meningkatkan hasil produksi, sehingga dapat mendukung mewujudkan program swasembada pangan 2017.

"Bantuan yang disalurkan itu untuk mendongkrak hasil pertanian, sehingga swasembada pangan 2017 yang dicanangkan Presiden Joko Widodo dapat terwujud," kata Wakil Bupati Penajam Paser Utara Mustaqim MZ saat penyerahan bantuan alat pertanian tersebut di Penajam, Selasa.

Ia menjelaskan bantuan alat dan mesin pertanian itu merupakan langkah konkrit pemerintah terhadap terwujudnya swasembada pangan 2017, sehingga kelompok tani harus memiliki target peningkatan hasil pertanian.

"Bantuan alsintan itu sebagai keseriusan pemerintah melaksanakan program swasembada pangan 2017 secara nasional. Kami berharap dengan bantuan ini, hasil produksi pertanian di Penajam Paser Utara bisa ditingkatkan," ungkap Mustaqim.

Kepala Dinas Pertanian Penajam Paser Utara Joko Dwi Febrianto menambahkan bantuan berupa 80 unit alat dan pertanian senilai Rp2,9 miliar itu bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN), serta dari Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD) Provinsi Kaltim dan Pemkab Penajam Paser Utara.

Namun, saat ini baru sebanyak 38 unit alat pertanian yang disalurkan, terdiri dari 21 unit traktor tangan untuk mengolah lahan pertanian, lima unit alat panen dan 12 unit pompa air.

"Bantuan itu diberikan kepada petani yang sudah masuk kelembagaan atau sudah menjadi anggota kelompok tani," ujar Joko Dwi Febrianto.

Bantuan alat dan pertanian tersebut, tambah Joko, merupakan salah satu cara mengurangi tenaga kerja serta meringankan kerja petani, sehingga mampu mengurangi pengeluaran petani serta pekerjaan dapat dilakukan dengan maksimal.    (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015