Penajam (ANTARA Kaltim) - Harga bawang merah di Kabupaten Penajam Paser Utara, turun sekitar Rp2.000 dari sebelumnya Rp25.000 menjadi Rp23.000 per kilogram.

Pedagang bawang di pasar tradisional Penajam, Idris saat ditemui di Penajam, Selasa, mengatakan penurunan harga bawang merah itu berlangsung sejak hari kedua setelah Idul Fitri (H+2).

"Penurunan harga itu terjadi sejak dua hari terakhir dan permintaan bawang merah semakin menurun," ungkap Idris.

Penurunan harga tersebut, menurut Idris, disebabkan persediaan bawang merah melimpah, sementara permintaan menurun.

"Saat ini, bawang merah yang mampu terjual hanya berkisar 20 hingga 30 kilogram per hari atau turun sekitar 50 persen dari biasanya," katanya.

"Stok bawang merah di pasaran berlimpah dan usai lebaran permintaan konsumen menurun sehingga membuat harga bawang merah turun," ungkap Idris.

Para pedagang bawang di pasar tradisional Penajam mengharapkan dengan turunnya harga bawang merah saat ini, dapat meningkatkan minat beli masyarakat di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Sementara dari pantuan harga bawang putih di pasar tradisional di Kabupaten penajam Paser Utara relatif stabil sekitar Rp20.000 per kilogram, sedangkan harga cabe merah yang sempat naik mencapai Rp50 ribu per kilogram sekarang turun menjadi Rp45.000 per kilogram.    (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015