Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang digelar di Kantor Gubernur Kaltim, pemerintah provinsi setempat menyerahkan penghargaan berupa uang pembinaan kepada pemenang Lomba Guru Berprestasi senilai Rp525 juta.

"Dalam Hardiknas ini dirangkai dengan penyerahan beberapa penghargaan, di antaranya penghargaan untuk para pemenang lomba guru, kepala sekolah, dan pengawas berprestasi," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim, Musyahrim ditemui usai peringatan Hardiknas di Samarinda, Sabtu.

Rincian dari para pemenang lomba guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah berprestasi yang jumlahnya mencapai Rp525 juta tersebut, untuk lima kategori lomba yang masing-masing kategori terdapat juara 1, 2, 3, kecuali untuk jenjang TK yang hanya ada dua kategori, yakni kategori guru dan kategori kepala TK.

Masing-masing juara I mendapat uang pembinaan atau penghargaan senilai Rp20 juta dikali 14 kategori, sehingga total yang diterima oleh para juara I senilai Rp280 juta.

Rincian dari 14 kategori itu adalah kategori guru TK berprestasi, kategori kepala TK berprestasi, guru SD berprestasi, kepala SD berprestasi, pengawas SD berprestasi, guru SMP berprestasi, kepala SMP berprestasi, dan kategori pengawas SMP berprestasi.

Kemudian kategori guru SMA berprestasi, kepala SMA berprestasi, pengawas SMA berprestasi, kategori guru SMK berprestasi, kepala SMK berprestasi, dan kategori pengawas SMK berprestasi.

Kemudian masing-masing juara II per kategori mendapat penghargaan senilai Rp10 juta dikali 14 kategori, sehingga total penghargaan yang diberikan Pemprov Kaltim kepada masing-masing juara II senilai Rp140 juta.

Selanjutnya untuk juara III masing-masing mendapat uang pembinaan atau penghargaan senilai Rp7,5 juta, sehingga total penghargaan yang diberikan oleh Pemprov Kaltim melalui Dinas Pendidikan kepada semua juara III sebesar Rp105 juta.

Penghargaan tersebut diberikan agar dapat memotivasi para guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah supaya semakin meningkatkan prestasinya.

Kemudian para guru lainnya juga dapat termotivasi dan dapat mengikuti jejak rekannya dalam mendedikasikan dirinya, demi peningkatan kualitas pendidikan di Kaltim.

Selanjutnya, mereka yang telah berhasil menjadi juara I tingkat Provinsi Kaltim dalam lomba guru, kepala sekolah, dan pengawas berprestasi tersebut, akan mewakili Provinsi Kaltim untuk mengikuti lomba yang sama di tingkat nasional pada Agustus 2015. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015