Bontang (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kota Bontang telah mencanangkan Program Pendidikan Menuju Tuntas atau Protuntas sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas, produktif dan kompetitif yang didasari keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

     Wakil Wali Kota Bontang Isro Umarghani di Bontang, Minggu, mengatakan untuk mencapai tersebut, pemkot menyelenggarakan pembangunan pendidikan berkesinambungan dengan arah yang jelas, seperti melalui koridor Protuntas.

     "Oleh karena itu, untuk mempercepat terwujudnya layanan pendidikan yang mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali, maka pendidikan inklusif merupakan strategi yang diyakini mampu menjamin semua peserta didik mendapat kesempatan dan akses yang sama untuk memperoleh pendidikan bermutu," katanya.

     Menurut Isro, hal itu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya di berbagai jalur, jenis dan jenjang pendidikan, serta menciptakan lingkungan yang aman, nyaman dan ramah bagi semua peserta didik untuk mengembangkan potensinya secara optimal.

     "Menyadari bahwa pola pendidikan inklusif mempunyai peran yang strategis dalam penuntasan wajib belajar 12 tahun, maka menuntut pemahaman dan perubahan cara pandang bagi semua komponen sekolah, masyarakat dan pemangku kepentingan agar kebijakan tersebut dalam implementasinya tidak kontraproduktif," tambahnya.

     Isro mengakui pelaksanaan pendidikan inklusif saat ini juga masih menghadapi kendala dan tantangan, di antaranya pemahaman dan sikap yang belum merata di kalangan masyarakat, keterbatasan pengetahuan dan keterampilan guru dalam memberikan layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus.

     Selain itu, sarana dan lingkungan sekolah yang sepenuhnya mudah diakses para penyandang disabilitas juga masih terbatas.

     "Saya berharap jajaran Dinas Pendidikan untuk terus melakukan intervensi kebijakan guna mendorong terwujudnya pendidikan tuntas berkualitas menuju masyarakat yang berbudi luhur dan cerdas. Melalui strategi pendidikan inklusif, diharapkan pendidikan di Bontang mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat secara adil dan merata," pungkasnya. (Adv/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015