Bontang (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 498 siswa dari 22 sekolah menengah atas di Kota Bontang, Kalimantan Timur, mengikuti seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Olahraga setempat.

     Kepala Bidang Bina Kepemudaan Disdikpora Kota Bontang selaku Ketua Tim Seleksi Paskibraka 2015, Sigit Alpian, ketika dihubungi di Bontang, Jumat, menjelaskan ada tiga tahapan seleksi yang harus dijalani calon anggota Paskibraka, yakni tinggi badan, berat badan dan peringkat di sekolah.

     "Kami sudah melakukan seleksi pertama di sekolah dan mendapat calon anggota Paskibraka sebanyak 498 orang," kata Sigit.

     Saat seleksi tahap berikutnya ditemui di Auditorium Jalan Awang Long, Kelurahan Bontang Baru, Kecamatan Bontang Utara, terjaring sebanyak 172 siswa.

     Dari jumlah tersebut, selanjutnya akan diseleksi lagi untuk menjaring sebanyak 45 siswa anggota Paskibraka, terdiri dari 23 putra dan 22 putri.

     "Mereka yang telah terpilih akan langsung dibina untuk persiapan menghadapi seleksi Paskibraka tingkat provinsi dan nasional," imbuh Sigit.

     Menurut ia, proses seleksi akan semakin ketat karena menggunakan peringkat nilai akumulatif tertinggi. Sedangkan penilaian lain meliputi pengetahuan umum, bahasa Inggris, wawasan budaya, minat, kesungguhan, dan kesehatan.

     "Ini sesuai petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis yang telah ditetapkan secara nasional untuk melakukan rekrutmen calon anggota Paskibraka," katanya. (*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015