Samarinda (ANTARA Kaltim) - Ribuan peserta dari berbagai daerah, termasuk atlet nasional, ambil bagian pada lomba lari 10 kilometer yang diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Timur, Minggu (15/2).

Ketua Panitia Lomba 10K Ego Arifin di Samarinda, Jumat, mengatakan hingga dua hari menjelang perlombaan, jumlah peserta yang telah mendaftarkan diri dalam kejuaraan tahunan Dispora Kaltim ini mencapai lebih dari 2.000 atlet.

"Terus terang, saya juga sempat kaget dengan animo yang begitu tinggi dari masyarakat," katanya.

Ia menambahkan dari tahun ke tahun, ajang rutin yang digelar dalam memeriahkan HUT Provinsi Kaltim tersebut terus mengalami peningkatan dari sisi peserta.

Tahun 2014, lanjut Ego, peserta yang ikut berpartisipasi hanya ratusan orang, namun saat ini meski pendaftaran belum ditutup jumlah peserta sudah mencapai lebih dari 2.000 orang.

Pada lomba tahun ini, panitia membagi peserta dalam beberapa kategori, yakni elite, pelajar, umum, veteran, dan TNI/Polri yang merupakan kategori baru, karena sebelumnya tidak ada atau masuk umum.

"Edisi sebelumnya dari TNI dan Polri cukup banyak yang mendaftar sebagai peserta biasa. Mereka punya fisik yang lebih baik dalam kegiatan ini, sehingga tidak bisa disamakan dengan peserta umum," jelas Ego.

Selain menyediakan total hadiah sebesar Rp390 juta, panitia juga menyiapkan hadiah tambahan untuk pemecahan rekor nasional putra Rp150 juta dan putri Rp100 juta. 

Rute lomba dimulai dari depan Kantor Bank Indonesia Jalan Gajah Mada, melintasi Jalan Awang Long-Bhayangkara-Pahlawan-Dr Sutomo-Letjen Suprapto (eks Jalan Pembangunan)-Ir H Juanda, Pangeran Antasari-RE Martadinata-hingga finis di depan Kantor Gubernur Jalan Gajah Mada.    (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015