Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Kampung Gurimbang, Sambaliung, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, diharapkan mampu menjadi juara nasional dalam lomba desa/kampung 2015, seiring telah ditetapkannya kampung itu sebagai juara pertama dalam lomba tingkat provinsi.

"Kampung Gurimbang meraih nilai tertinggi dalam lomba desa/kampung tingkat Kaltim, sehingga Gurimbang yang akan mewakili Kaltim di lomba tingkat nasional," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kaltim Moh Jauhar Efendi di Samarinda, Rabu.

Hal itu dikatakan Jauhar saat menyerahkan piala kepada para pemenang lomba desa/kampung dan kelurahan di aula BPMPD Kaltim. Penyerahan piala dan penghargaan itu dirangkai dengan rapat dan evaluasi penuntasan PNPM-MPd dari tahun angaran 2014.

Penerima piala sebagai juara kedua lomba desa/kampung adalah Desa Tanah Datar, Kecamatan Muara Badak, Kutai Kartanegara, dan Desa Klempang Sari, Kecamatan Kuaro, Kabupaten Paser, sebagai juara ketiga.

Jauhar optimistis Kampung Gurimbang akan mampu menjadi juara di tingkat nasional, karena kampung itu memiliki banyak kelebihan yang dibuktikan dengan kemampuan memberdayakan masyarakat, sehingga berdampak positif terhadap peningkatan ekonomi warga.

Adapun kegiatan riil dari pemberdayaan masyarakat di desa setempat, antara lain pembinaan kelompok masyarakat dalam mengolah limbah ternak menjadi pupuk kompos. Kegiatan itu mampu menggerakkan ekonomi masyarakat dan membuka lapangan kerja dengan nilai ekonomi tingggi.

Kegiatan lain yang dampaknya cukup bagus adalah peran kepala kampung dalam mengatasi buta aksara, yakni melalui pengembangan perpustakaan dan rumah pintar, termasuk dibukanya kursus komputer dan bahasa Inggris di kawasan itu.

Jauhar juga mengatakan sejumlah hal yang dinilai dalam lomba desa maupun kelurahan adalah bidang kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, bidang pemerintahan, lembaga kemasyarakatan, dan PKK.

"Hal-hal yang dinilai baik untuk lomba tingkat provinsi maupun tingkat nasional sama. Untuk itu, saya berharap kepada kepala Kampung Gurimbang agar terus meningkatkan sejumlah hal tersebut, sehingga keinginan untuk menjadi juara tingkat nasional dapat tercapai," tambahnya.

Menurutntya, tujuan lomba desa digelar bukan sekedar untuk memburu hadiah, tetapi tujuan utamanya adalah agar dapat menjadi contoh bagi desa/kampung lain, yakni bagi desa yang belum memiliki prestasi diharapkan dapat belajar sehingga semua kawasan di Kaltim ke depan dapat lebih maju.(*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015