Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur siap menjadi tuan rumah Pekan Informasi Nasional yang rencananya dilaksanakan pada Mei 2015 dan saat ini pihak terkait terus mempersiapkan diri agar sukses penyelenggaraan dan sukses penyediaan informasi.

"Kami sudah dipercaya Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) untuk menjadi tuan rumah PIN (Pekan Informasi Nasional). Jadi, kami bertekad tidak mengecewakan penyelenggaraannya," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim Abdullah Sani di Samarinda, Selasa.

Meskipun rencana penyelenggaraannya masih empat bulan lagi, lanjut Sani, pihaknya perlu melakukan persiapan sejak dini, terutama untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Rangkaian kegiatan yang akan menyemarakan pelaksanan PIN, antara lain seminar, lomba nasional, festival kebudayaan daerah, dan sejumlah lomba yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Dalam memaksimalkan persiapan, ia mengaku sudah membentuk tim yang diberi nama Tim Tang atau Tim Tanggap dan sudah mejalankan tugasnya sejak awal Januari 2015.

"Mereka diberi tanggung jawab mengurus segala persiapan penyelenggaran di internal Diskominfo, termasuk melakukan koordinasi dengan Kemkominfo selaku penanggung jawab penyelenggaraan di tingkat pusat," tambahnya.

Setelah persiapan di internal Kaltim berjalan baik, baru kemudian dibentuk kepanitian daerah yang melibatkan lintas sektor satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kaltim.

Menurut ia, Tim Tang dibentuk tidak hanya untuk menyukseskan PIN 2015, tetapi juga sebagai penunjang tugas Diskominfo Kaltim, seperti membuat buku laporan kerja sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat terkait pemanfaatan anggaran negara.

Tugas lain tim adalah melaksanakan fungsi koordinasi antar bidang demi sinergitas pelaksanaan tugas pokok setiap bidang, agar capaian pelaksanaan tugasnya seimbang atau tidak terjadi ketimpangan, yakni ada yang sukses dan sebagian lainnya ada yang kurang sukses.

Guna menyukseskan semua rangkaian kegiatan PIN, saat ini pihaknya masih fokus dalam persiapann, baik melakukan rapat koordinasi, penugasan dan kejelasan panitia, apalagi sukses penyelenggaraan merupakan program prioritas yang telah ditetapkan. (*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015