Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur masih memfokuskan 12 program prioritas pembangunan pada tahun anggaran 2015, sesuai dengan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2013-2018.

"Ke-12 program prioritas itu adalah peningkatan kualitas penyelenggaran pendidikan, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, dan percepatan pengentasan kemiskinan," ujar Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim Nazrin di Samarinda, Selasa.

Program keempat adalah peningkatan dan perluasan kesempatan kerja, kemudian pengembangan ekonomi kerakyatan, percepatan transformasi ekonomi, pemenuhan kebutuhan energi ramah lingkungan.

Kedelapan adalah pengembangan agribisnis, selanjutnya program peningkatan produksi pangan, peningkatan kualitas infrastruktur dasar, reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan, dank e 12 adalah program peningkatan kualitas lingkungan hidup.

Ke-12 program prioritas itu, lanjut Nazrin, merupakan penjabaran dari Visi Kaltim Maju 2018, yakni dalam upaya mewujudkan Provinsi Kaltim yang sejahtera, merata, dan berkeadilan berbasis agroindustri dan energi ramah lingkungan.

Ia mengakui dalam menjalankan program prioritas sangat terkait dengan masalah keuangan, karena keuangan daerah merupakan salah satu ukuran dalam pengambilan keputusan untuk mencapai keberhasilan pembangunan yang dirancang masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Sedangkan dalam pengalokasan keuangan pada APBD untuk semua SKPD dilakukan dengan pola batas maksimal, sehingga dalam pelaksanaannya didasarkan pada prinsip hemat, efektif, efesien, transparan, akuntabel, auditabel, dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dari 12 program unggulan itu, tambahnya, ada beberapa yang menjadi perhatian pada 2015, di antaranya peningkatan sumber daya manusia, daya saing ekonomi, infrastruktur, tata kelola pemerintahan dan lingkungan.

"Program tersebut merupakan rancangan yang berkaitan dengan tema pembangunan 2015, yakni penyiapan industrialisasi produk unggulan daerah serta pengembangan energi baru dan terbarukan," ujar Nazrin.

Ke-12 program prioritas pembangunan tersebut diwujudkan melalui lima arah kebijakan oleh rencana kerja pemerintah daerah yang dilaksanakan setiap tahun. (*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015