Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Timur Yahya Anja mengharapkan semua rumah sakit di wilayah setempat bisa meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya untuk masyarakat yang kurang mampu, yang selama ini sering disepelekan.

"Masyarakat punya hak untuk dilayani secara baik, dan bila mereka tidak mampu bukan berarti diabaikan, karena pemerintah daerah sudah memberikan jaminan kesehatan melalui asuransi," terang Yahya Anja saat melakukan dengar pendapat dengan Dinas Kesehatan Kaltim, Selasa, di Gedung DPRD Kaltim.

Yahya Anja juga menyoroti persoalan administrasi yang ada selama ini masih dinilai berbelit-belit oleh rumah sakit sehingga menyebabkan pasien kesulitan dalam melangsungkan perawatan ke tahap selanjutnya.

Yang lebih parah, lanjut Yahya Anja, jika pasien itu mengalami sakit kritis yang mengharuskannya segera mungkin untuk ditangani serius oleh tenaga medis di rumah sakit.

 Tetapi karena terbentur administrasi sehingga pasien tersebut tidak ditangani secara medis oleh pihak rumah sakit.

"Peningkatan kualitas pelayanan pada rumah sakit harus terus ditingkatkan agar masyarakat dapat merasakan kenyamanan. Ke depan pengurusan administrasi harus dipermudah sehingga masyarakat yang sakit kritis dapat cepat ditangani oleh rumah sakit sesegera mungkin," katanya.

Anggota Komisi IV lainnya Ahmad Rosyidi membeberkan, banyak sekali pertanyaan dan keluhan dari masyarakat didapati terkait soal jasa kesehatan yang sangat perlu mendapatkan perhatian.

Ia mengungkapkan pengalaman pribadinya, pasien lainnya pun juga mungkin pernah mengalami hal serupa terkait sistem pemeriksaan rumah sakit oleh seorang dokter yang ketika mendiagnosa penyakit tidak memberitahukan apa yang menjadi penyebab penyakitnya.

"Saya tidak tahu pasti, apakah itu semua menjadi prosedur rahasia pihak rumah sakit, atau sistemnya yang bagaimana, kita tidak tahu. Harapan saya alangkah lebih baik jika pihak rumah sakit dapat memberitahukan penyebab sakit tersebut, sehingga pasien dapat menghindari," kritiknya.

Anggota Komisi IV Selamat Ari Wibowo menambahkan sudah semestinya jika rumah sakit meningkatkan kualitas baik dari segi manajemen maupun pada pelayanan, agar dapat lebih maju dan dapat diperbaiki setiap tahunnya.

"Jumlah orang yang mengalami sakit semakin hari semakin bertambah, diharapkan kepada seluruh rumah sakit dapat meningkatkan kualitas dan memperbaiki sistem pelayanan sehingga masyarakat merasa nyaman dan puas ketika ketika ada di rumah sakit," katanya.(*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014