Balikpapan (ANTARA Kaltim) - PT Telekomunikasi Seluler atau Telkomsel memaksimalkan perangkat jaringan untuk menghadapi lonjakan trafik komunikasi pelanggan saat libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru di Kalimantan.

Manajer Core and Power Performance Assurance Telkomsel Regional Kalimantan M Yusuf Hidayat di Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin, menjelaskan sebanyak 416 unit "base transceiver station" (BTS) baru, ditambah lima unit BTS Combat dan 42 Mobile GRApari telah disiapkan untuk melayani pelanggan.

"Untuk trafik pemakaian data, kami perkirakan akan mencapai 1.100 terabita atau naik sekitar 25,9 persen dibanding trafik pada hari-hari biasa," katanya.

Telkomsel mengantisipasi lonjakan data itu dengan memasang empat unit SGSN (Serving GPRS Support Node) baru untuk menambah kapasitas empat SGSN yang sudah ada. Empat SGSN baru itu dipasang di Banjarmasin sebanyak dua unit, Balikpapan dan Pontianak masing-masing satu unit.

Selain layanan data, Yusuf juga memperkirakan lonjakan trafik atau penggunaan layanan suara dan pesan pendek (SMS). Selama sepekan momen libur akhir tahun, trafik layanan suara diperkirakan mencapai 1,50 miliar menit atau naik 9,61 persen.

Sementara layanan pesan pendek akan mencapai 137 juta SMS atau naik 14,14 persen dibanding trafik normal hari biasa yang hanya sekitar 96,8 juta SMS.

Yusuf menjelaskan pembangunan menara BTS baru di Kalimantan dilakukan sejak Agustus 2014, termasuk lima BTS di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia yang diresmikan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara awal Desember lalu.

Sedangkan BTS Combat (BTS bergerak) rencananya ditempatkan di beberapa pusat keramaian dan titik berkumpul masyarakat, seperti bandara, pelabuhan, terminal, pusat perbelanjaan, dan ruang terbuka hijau.

"Di Balikpapan itu ada di Lapangan Merdeka, semua mal, dan Bandara Sepinggan," tambah Manager Telkomsel Cabang Balikpapan Dian Prilieswaty.

Ia menambahkan selama libur Natal hingga dan Tahun Baru 1 Januari 2015, seluruh GraPARI atau outlet layanan Telkomsel tetap beroperasi melayani pelanggan.

Saat ini, Telkomsel memiliki lebih kurang 12,9 juta pelanggan di wilayah Kalimantan, dengan sebanyak 3 juta pelanggan di antaranya berada di Kalimantan Selatan dan 2,6 juta pelanggan di Kalimantan Barat.

"Seluruh perangkat jaringan Telkomsel yang terpasang di Kalimantan mampu melayani hingga 24,3 juta pelanggan, dan akan terus ditingkatkan hingga melayani 45 juta pelanggan. Peningkatan itu untuk mengantisipasi pertumbuhan penggunaan layanan data yang mencapai 115 persen per tahun," ujar Yusuf Hidayat.    (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014