Penjam (ANTARA Kaltim) - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Penajam Paser Utara akan tetap menerapkan Kurikulum 2013 mengikuti keputusan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

"Sejumlah Kepala Dinas Pendidikan yang dikoordinir Pemprov Kaltim mendatangi Kementerian Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah meminta K-13 tetap diterapkan di Kaltim," ungkap Kepala Disdikpora Kabupaten Penajam Paser Utara Khaeruddin, Senin.

Pemprov Kaltim kata Khaeruddin tetap meneruskan penerapan K 13, sehingga secara institusi Dinas Pendidikan Kabupaten Penajam Paser Utara juga akan mengikuti keputusan tersebut.

"Dalam keputusan Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah, terkait pembekuan K 13 dan kembali ke kurikulum 2006 masih memberikan ruang untuk menerapkan Kurikulum 2013 tersebut," kata Khaeruddin.

Walaupun masih ada kendala yang dialami sekolah namun sejak 2013 Disdikpora Penajam Paser Utara kata Khaeruddin telah memberlakukan K13 dan pada 2014 seluruh sekolah baik tingkat SD, SMP dan SMA/SMK telah menerapkannya.

"Kurikulum 2013 sudah diterapkan di sejumlah sekolah di Penajam Paser Utara tahun lalu kemudian tahun ini seluruh sekolah sudah menerapkannya. Memang masih ada beberapa kendala diantaranya, belum tersedianya buku mata pelajaran untuk semester dua," ujar Khaeruddin.

Untuk itu tambah Khaeruddin, Disdikpora Penajam Paser Utara melakukan koordinasi dengan Pemprov Kaltim terkait penyediaan buku pelajaran untuk semester dua tersebut.

Namun, jika penerapan Kurikulum 2013 tersebut tetap berlanjut, Disdikpora Kabupaten Penajam Paser Utara akan berupaya melakukan pengadaan buku sendiri.

"Kami usulkan ke provinsi pengadaan buku diawal 2015 nanti dan kami juga akan mengupayakan melakukan pengadaan buku sendiri kalau penerapan K13 terus berlanjut," ungkap Khaeruddin.   (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014