Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pemprov Kaltim terus mendorong peningkatan kualitas proses belajar mengajar di SMK Negeri Pelayaran Kalimantan, sebuah sekolah pencetak SDM unggul bidang pelayaran di bawah naungan Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim.

"Saya pernah melakukan kunjungan ke SMKN Pelayaran Kalimantan. Saya bangga karena sekolah itu sudah memiliki sejumlah sarana dan prasarana memadai untuk proses belajar mengajar," kata Asisten Administrasi Umum Setprov Kaltim Meiliana di Samarinda, Kamis.

Fasilitas memadai itu di antaranya telah terdapat ruang praktik pelayaran, telah memiliki laboratorium, termasuk ruang perpustakaan sebagai penunjang penambah ilmu pengetahuan bagi siswa.

Di sisi lain, dia juga meminta kepada pengelola sekolah untuk menambah tenaga pengajar yang masih kurang, sehingga upaya untuk peningkatan akreditasi dapat terwujud karena visi dan misi sekolah tersebut adalah untuk mencetak SDM pelayaran yang berkualitas.

Apabila peningkatan akreditasi dengan status "disetujui" (approval) dapat dilakukan, maka ke depan sekolah tersebut bisa melaksanakan ujian sendiri, terutama untuk Ujian Keahlian Pelaut (UKP) yang biasa dilaksanakan di Surabaya.

Saat ini, katanya lagi, di sekolah tersebut masih kekurangan tenaga pendidik untuk ilmu pengetahuan pelayaran, sehingga manajemen sekolah harus melakukan terobosan untuk menambah tenaga pendidik di bidang tersebut.

Sementara Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) SMK Negeri Pelayaran Kalimantan Priambodo Prakoso, mengatakan bahwa Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim melalui SMK Negeri Pelayaran Kalimantan terus berupaya meningkatkan akreditasi sehingga kelak bisa melakukan UKP sendiri.

Saat ini, kata Piyo, panggilan akrabnya, proses untuk akreditasi approval itu masih berjalan, setelah beberapa waktu lalu pihaknya mengajukan usulan kepada Kementerian Perhubungan RI.

Dia berharap agar pada 2015 akreditasi yang diajukan itu dapat terwujud. Apalagi saat ini pihaknya sedang membangun asrama untuk siswa sehingga diharapkan dengan pembangunan tersebut juga menjadi pertimbangan untuk percepatan memperoleh akreditasi approval.

"SMKN Pelayaran Kalimantan saat ini sudah terakreditasi A. Kami ingin ke depan bisa menjadi sekolah bertaraf internasional, makanya kami masih berusaha agar mendapat status approval supaya bisa melakukan UKP sendiri guna mencetak SDM lebih unggul," kata Piyo lagi. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014