Sangatta (ANTARA Kaltim) -  Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, menerima bantuan empat unit traktor tangan dari Kementerian Pertanian (Kementan) untuk sejumlah kelompok tani di daerah itu.

"Pada tahun anggaran 2014 ini, ada empat unit hand tractor jenis trailer/gandeng bantuan dari Kementan untuk petani," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kutai Timur, Sarifuddin Ginting di Sangatta, Kamis.

Ia menyebutkan traktor tangan tersebut sudah diserahkan oleh Kementan tapi untuk trailernya masih dirakit dan dalam waktu dekat akan segera diserahkan. Empat traktor tangan itu juga sudah diserahkan kepada petani.

Menurut Sarifuddin Ginting yang ditemui di ruang kerjanya, empat unit traktor tangan trailer itu diterima oleh tiga kelompok tani di Kecamatan Kaliorang, masing-masing kelompok tani Maju Bersama desa Kaliorang sebanyak dua unit.

Kemudian Kelompok Tani Sri Mukti Desa Bangun Jaya Kecamatan Kaliorang satu unit dan Kelompok Tani Tunas Mekar Desa Mukti Rapat Kecamatan Kaliorang satu unit.

Ia menambahkan selain bantuan traktor tangan dari pemerintah pusat, Kutai Timur juga mendapat bantuan serupa dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur sebanyak 16 unit tarktor tangan tapi tidak ada trailernya.

Dana bantuan traktor tangan itu bersumber dari APBD Provinsi Kaltim 2014 itu, saat ini sedang dirakit dan dalam waktu dekat akan diserahkan kepada petani. "Sebanyak 16 hand tractor itu akan diserahkan kepada 15 kelompok tani di enam kecamatan," katanya.

Enam Kecamatan yang menerima bantun provinsi itu masing-masing, Kaliorang tujuh unit, Telen satu unit, Teluk Pandan dua unit, Wahau dua unit, Kaubun satu unit dan Rantau Pulung tiga unit.

Seluruh bantuan traktor tangan tersebut untuk Kutai Timur diterima dalam bentuk barang bukan dana tunai. "Kami hanya menerima barang dan kemudian langsung kami serahkan kepada masing-masing kelompok tani," kata Ginting(*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014