Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Sebanyak 1.310 calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Samarinda, Kalimantan Timur, akan mengikuti Tes Kompetensi Bidang (TKB) yang dijadwalkan Jumat (14/11).

Ke-1.310 CPNS telah dinyatakan lulus Tes Kompetensi Dasar yang dilakukan dengan Sistem Computer Assisted Test (CAT) selanjutnya pada tahap kedua yakni TKB, kata Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang, Kamis.

"Bagi peserta, saya meminta agar mempersiapkan diri secara maksimal karena dalam seleksi CPNS ini yang dicari adalah bibit aparatur potensial, bukan titipan," ucapnya.

Tes Kompetensi Bidang itu kata Syaharie Jaang dibagi dalam dua sub tes yakni, wawancara dan tes potensi akademik (TPA) secara tertulis dengan lembar jawaban komputer (LJK).

"Seperti contohnya di tahapan pertama, dari peserta yang terdaftar 3.016 yang hadir 2.808 orang. Artinya, sebanyak 208 orang tidak hadir pada tes dengan sistem computer assisted test (CAT)," kata Syaharie Jaang.

Apalagi lanjut Syaharie Jaang, pada tes wawancara dilakukan dilakukan langsung kepala SKPD yang membutuhkan jabatan.

"Tes wawancara ini juga menentukan. Artinya, orang yang punya kompetensi sesuai bidangnya, ditambah lagi TPA secara tertulis ini mengukur akademik sesuai kompetensinya," ujar Syaharie Jaang.

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Samarinda Aji Syarif Hidayatullah mengatakan, TKB yang akan memperebutkan 125 formasi dengan diikuti 1.310 peserta tersebut akan dimulai Jumat 14 November 2014.

Untuk tes wawancara kata Aji Syarif Hidayatullah akan dibagi 10 kelompok bidang, sesuai jurusan yakni, bidang keuangan, bidang teknis, bidang kesehatan, bidang sosial dan pemerintahan, bidang pertanian, bidang kehutanan dan lingkungan hidup, bidang perhubungan, bidang administrasi, bidang hukum, psikologi, bahasa, pendidikan dan bidang Teknologi Informatika.

"Tes wawancara akan dilaksanakan di ruang utama balaikota akan dimulai 14 sampai 15 November 2014, kemudian lanjut lagi pada Senin (17/11) hingga selesai. Calon aparatur yang dibituhkan harus melek internet, jadi semuanya terkait informasi tes ini kami sudah rilis di website resmi BKD Samarinda," kata Aji Syarif Hidayatullah.

"Sedangkan untuk TPA secara tertulis menggunakan LJK akan dilaksanakan serentak diikuti seluruh peserta pada hari Minggu (16/11) di SMKN 4 Samarinda," katanya.

Untuk TKB itu tambah Aji Syarif Hidayatullah pelaksanaannya bekerjasama dengan Universitas Mulawarman Samarinda.

"Penilaian hasil pelaksanaan TKB sepenuhnya diserahkan kepada pihak Perguruan Tinggi," ujar Aji Syarif Hidayatullah. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014