Samarinda (ANTARA Kaltim)  - Sambutan baik diberikan atas kedatangan legislator Siti Qomariah dari Partai Amanat Nasional (PAN) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Samarinda, Selasa (4/11) saat ia mengunjungi Lapas di Jalan Jendral Sudirman yang diisi 454 napi itu.

Dalam kunjungan itu Qamay –sapaan akrab Siti Qomariah— merasakan keprihatinan terkait fasilitas yang terdapat di lapas. Meski secara umum Qamay yang didampingi Pria Pratama dan Gumelar merasa cukup puas melihat keadaan yang ada di lingkungan lapas, terutama soal kebersihan lingkungan lapas yang tertata rapi, serta pembinaan terhadap para penghuni  lapas yang dikerahkan begitu baik.

Ia menyatakan perlu dorongan dan motivasi kepada penghuni lapas untuk tetap semangat menjalani kehidupan. Banyak pelajaran yang bias diberikan kepada penghuni lapas, mulai dari aspek untuk bekal pendidikan, baik agama maupun moral serta membuat kerajinan yang nantinya dapat menambah penghasilan mereka setelah keluar dari lapas.

 "Saya mengucapkan banyak terima kasih, karena dalam kesempatan kali ini. Langkah kaki saya dimudahkan oleh Allah SWT bisa melihat baik adik-adik maupun teman-teman yang berada disini. Tetap semangat menjalani jangan menyerah dan selalu bersyukur atas karunia yang diberi oleh Allah,” ucap politikus PAN ini.

 Di samping itu, ada beberapa penghuni lapas mengatakan keluhannya. Mereka mengharapkan fasilitas yang ada perlu ditambah dan juga diperbaharui lagi. Seperti penambahan kamar mandi serta air yang ada terkadang macet. Juga perlu adanya galon untuk menampung air tersebut sehingga apabila air macet maka ada alternatif lain.

 Selain itu, keterampilan yang ada di lapas perlu ditingkatkan lagi. Seperti, keterampilan menjahit, memperbaiki handphone dan berbagai macam lainnya yang nantinya dapat menopang kehidupan.

Semangat dan motivasi, kata Qamay, harus terus diberikan kepada penghuni lapas agar tetap selalu berjalan di atas kebaikan, sekecil apapun itu yang nantinya pasti akan berdampak besar di kemudian hari.
 
"Tetap selalu bersyukur dengan kehidupan yang ada. Selalu semangat, jangan mudah menyerah. Ke depan, mengenai permintaan pembaharuan sarana dan prasarana lapas. Seperti penambahan kamar mandi, alat bantu kerja dan lainnya akan saya bawa ke agenda kedewanan agar segera bisa ditindaklanjuti," katanya. (Humas DPRD Kaltim/adv/rid/oke)




Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014