Samarinda (ANTARA Kaltim) - Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang menerima api obor Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Kalimantan Timur, Selasa.

"Api ini tidak pernah padam, sebagaimana semangat kita sebagai tuan rumah Porprov Kaltim V/2014 untuk sukses sebagai tuan rumah, sukses ekonomi kerakyatan, sukses prestasi dan sukses tidak ada masalah," katanya di Samarinda, Selasa.

Syaharie Jaang menerima api obor yang sebelumnya diarak puluhan pelari dari anggota TNI dan Polri yang diambil dari api abadi di Sumber Urip, Dusun Bambu Kuning, Tanah Merah, Kecamatan Samarinda Utara.

Api obor itu diterima Syaharie Jaang di rumah jabatan wali kota, yang disaksikan unsur pimpinan dan anggota DPRD Samarinda, Panitia Besar Porprov V Kaltim serta para kepala SKPD di lingkungan Pemkot Samarinda.

Api obor itu kemudian disemayamkan di rumah jabatan Wali Kota Samarinda sebelum disulut pada pembukaan Porprov Kaltim 2014 di GOR Segiri Samarinda pada Rabu malam (5/11).

Ia mengatakan semangat api abadi yang tidak pernah padam, sumber api obor Porprov Kaltim itu layaknya semangat kontingen Samarinda untuk meraih juara umum pada Porprov V/2014.

"Saya sudah menginstruksikan seluruh pejabat di lingkup Pemkot Samarinda untuk berada di tempat pertandingan untuk memberi motivasi kepada para atlet dan siap mengalungkan medali," ujarnya.

Target juara umum pada Porprov V/2014 itu menurut Syaharie Jaang tidak terlalu berlebihan, mengingat Kota Samarinda memiliki sarana dan prasarana memadai untuk pembinaan, disamping memiliki banyak atlet potensial.

Ia menilai semua cabang olahraga berpeluang menyumbangkan medali, terutama gulat.

"Cabang olah raga Gulat, Atletik, Panahan, semua memberikan kontribusi. Ini sudah terbukti, meski belum dibuka secara resmi, namun caang olah raga gulat sudah menyumbangkan emas dan saya sendiri yang mengalungkan. Setelah ini saya akan memantau cabor lain," katanya.

Porprov V/2014 Kaltim yang mempertandingan 43 cabang olah raga dan diikuti 10 kabupaten/kota akan berlangsung pada 5 hingga 18 November 2014.    (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014