Samarinda (ANTARA Kaltim) – Pelaksanaan Festival Mahakam  2014 yang digelar Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Komunikasi dan Informatika (Disparekkominfo) Kota Samarinda  beberapa waktu lalu  terbukti bisa menggerakkan ekonomi kreatif masyarakat.

“Kehadiran event  Festival Mahakam 2014 berdampak positif dari segi ekonomi kerakyatan banyak para pedagang  kuliner dan kerajinan diuntungkan  karena banyaknya pembeli di arena tersebut, sementara dari segi wisata banyak para pengunjung merasa terhibur  dengan sejumlah kegiatan yang disuguhkan dari lomba hingga hiburan rakyat,” kata  kepala Disparekkominfo Samarinda HM Faisal, Selasa (4/11)

Ia  mengharapkan  dengan digelarnya Festival Mahakam  dan kegiatan lainnya untuk akan datang ,  masyarakat dapat terpacu untuk menciptakan jenis ekonomi kreatif yang dapat mendorong keragaman produk yang dihasilkan serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Samarinda.

Faisal menjelaskan bidang ekonomi kreatif  baru saja masuk di Dinas yang dia pimpin, sebelumnya  namanya  Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Komunikasi dan Informasi (Disparbudkominfo)    kemudian   satu bulan terakhir berubah  menjadi Disparekkominfo kota Samarinda.

Jadi  bidang budaya  hilang  menjadi tanggung jawab Dinas Pendidikan Samarinda, sedangakan penggantinya bidang ekonomi kreatif.

“Kami akan focus mengembangkan  bidang ekonomi kreatif  kedepannya, berbagai kegiatan yang digelar Disparekkominfo  tentunya akan memberi dampak pada ekonomi masyarakat,” katanya.

 Dikemukakannya pada Festival Mahakam 2014 ada  60 Usaha Kecil dan Menengah (UKM)  yang ikut   memeriahkan, kegiatan  Mahakam Expo  yang terletak di samping  Masjid Islamic Centre.

Ke-60 UKM itu terdiri dari UKM kuliner dan kerajinan yang akan memamerkan berbagai produk lokal dalam upaya memberi kesempatan kepada para pelaku usaha di bidang kerajinan dan kuliner mempromosikan produknya," ungkap Faisal.

Dibatasinya pelaku UKM pada pelaksanaan Mahakam Expo itu menurut Faisal untuk memberi kenyamanan kepada para pengunjung maupun pelaku usaha.

Pembatasan jumlah UKM  pada Mahakam Expo  untuk  memberikan kenyamanan kepada pengunjung dan para pelaku UKM  agar pengunjung merasa nyaman, . Apalagi, tamunya bukan  hanya berasal dari Samarinda tetapi juga dari luar Kaltim bahkan mancanegara.

"Jadi, pelaksanaan Mahakam Expo pada Festival Mahakam 2014 ini benar-benar dapat memberikan nilai tambah bagi para pelaku UKM di Samarinda, begitu pula bagi  warga," ujar  Faisal. (*)


Pewarta: Rachmad

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014