Samarinda (ANTARA Kaltim) - Dalam upaya melaksanakan tugas kedewanan sudah sepantasnya jika DPRD menyusun program terkait rancangan pembangunan jangka panjang. Rencana kerja dimaksudkan agar dapat memaksimalkan dan mudah mengukur program yang dijalankan.
 
Anggota DPRD Kaltim Rakhmat Majid Gani dalam hal ini mengutarakan rapat kerja akan segera diusulkan setelah penetapan Komisi di DPRD disahkan. Dalam rapat kerja internal komisi ini nantinya akan dikemukakan sejumlah prioritas kerja komisi beserta alat kelengkapan dewan lainnya. “Rapat internal ini penting, mengingat tupoksi anggota dewan harus segera dirumuskan dalam rangka melaksanakan tugas kedewanan,” katanya.

Rapat internal ini juga dimaksudkan agar dalam penerapan kinerja dewan nanti, tidak boleh lagi terkendala jadwal yang bentrok. Menurut Rakhmat, hal ini yang harus dihindari pada awal kerja, agar dalam melaksanakan tugasnya anggota dewan tak boleh lagi mengabaikan satu sisi pembangunan hanya karena ada jadwal yang bertabrakan dengan jadwal lainnya.

“Permasalahan seperti ini sangat sering ditemui. Jadi dengan adanya rapat kerja komisi dan alat kelengkapan, minimal hal ini bisa dicegah lebih awal,” sambungnya.

Dilanjutkannya, dalam rapat kerja tentu akan dikemukakan beberapa hal terkait pembangunan dengan rencana dan program kerja DPRD Kaltim, termasuk di antaranya pembangunan infrastruktur, pendidikan, pengentasan kemiskinan, pertanian, pertambangan dan beberapa permasalahan lainnya.

Dengan adanya rapat internal komisi ini juga diharap akan disepakati bahwa konsep program kerja yang telah disusun oleh DPRD akan dikaji lebih lanjut dengan mengakomodasi masukan-masukan dari intstansi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota bahkan dari beberapa Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) yang terkait dalam rencana program kerja DPRD tersebut.

“Saya berharap, dengan adKaltimanya rapat internal komisi dan alat kelengkapan dewan maka akan terbentuk suatu pemikiran yang mengakomodir semua kepentingan masyarakat. Tentunya setelah dilakukan rapat internal maka kami akan mengundang jajaran pemerintah dan SKPD untuk melakukan rapat dengar pendapat (hearing) dalam rangka merumuskan program pembangunan ini secara bersama-sama,” kata Rakhmat.  (Humas DPRD Kaltim/adv/tos/oke)    

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014