Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Festival Kota Raja pada peringatan hari jadi ke-232 Kota Tenggarong, akan diwarnai pemecahan rekor MURI penerbangan lampion terbanyak di Indonesia.

"Festival lampion yang akan menyemarakkan hari jadi Kota Tenggarong yang akan digelar pada Sabtu (18/10) itu sekaligus upaya memecahkan rekor MURI sebagai penerbangan lampion terbanyak di Indonesia," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara Sri Wahyuni, Kamis.

Sebanyak 10 ribu lampion itu kata Sri Wahyuni, akan diterbangkan dari halaman Kantor Bupati Kutai Kartanegara pada sabtu malam (18/10) sekitar pukul 19. 30 Wita.

Ke-10 ribu lampion tersebut lanjut Sri Wahyuni akan diterbangkan bersama seluruh elemen masyarakat, diantaranya organisasi kepemudaan dan organisasi masyarakat lainnya, berbagai komunitas yang ada di Tenggarong serta Kota Samarinda, paguyuban seni, mahasiswa Unikarta dan Politeknik Negeri Samarinda.

Selain itu tambah dia, juga dihadiri forum koordinasi pimpinan daerah Kutai Kartanegara, peserta Rakernas Asita, seluruh kepala SKPD, Disbudpar Kaltim, Samarinda, Balikpapan, dan Bontang.

Turut diundang katanya, anggota DPRD Kaltim dari daerah pemilihan Kutao Kartanegara dan Kutai Barat.

"Hingga saat ini sudah terdaftar 415 kelompok yang akan menghadiri Festival Kota Raja dan mengkonfirmasi akan ikut menerbangkan lampion tersebut," kata Sri Wahyuni.

Kegiatan tersebut kata Sri Wahyuni merupakan bentuk rasa syukur atas hari jadi Tenggarong dengan memberikan hiburan kepada masyarakat dan pengunjung.

"Tentunya, kegiatan ini menambah daya tarik wisata Kutai Kartanegara dengan meriah dan gemerlapnya lampion di langit Kota Raja," ujarnya.

Sri Wahyuni yang juga panitia panitia Festiva Kota Raja itu meminta masyarakat dan pengunjung serta yang ikut menerbangkan lampion nanti agar tetap menjaga ketertiban dan keamanan bersama.    (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014