Wakil Ketua DPRD Kabupaten Paser Zulkifli Kaharuddin mengapresiasi progres pembangunan sirkuit balap motor di sekitar area Gelanggang Olahraga (GOR) Sadurengas, Kecamatan Tanah Grogot  yang pekerjaannya sudah berjalan cukup baik.

“Sirkuit ini dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim ke-VIII pada 2026 mendatang, dan Kabupaten Paser terpilih sebagai tuan rumah,” katanya di Tanah Grogot, Selasa (15/10).

Ia mengatakan progres pembangunan sirkuit balap sudah memasuki tahap pematangan jalur balap atau pengerasan lintasan.Hampir separuh lintasan sudah teragregat. 

Menurutnya pada tahun 2026 kemungkinan sirkuit tersebut belum full desain namun, untuk trek lintasan telah terakomodir dalam anggaran tahun 2025.

Meski demikian, Ia yakin gelaran balap motor dapat dilaksanakan, hal itu sesuai hasil koordinasi dengan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser.

"Informasi dari Disporapar anggaran untuk pengaspalan sudah masuk di tahun 2025," sebutnya.

Pada akhir pekan lalu, Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kaltim telah meninjau progres pengerjaan sirkuit balap. Panjang sirkuit  1,5 kilometer dengan jarak trek lurus terpanjang sekitar 400 meter.

"Kunjungan IMI Kaltim untuk membahas persiapan Porprov, mulai masalah regulasi dan kelas-kelas yang dilombakan," katanya.

Dia berharap kepada croser Kabupaten Paser nantinya dapat berlatih dan dapat membawa harum daerah pada Porprov mendatang bahkan dapat ke tingkat nasional.

Zulkifli menambahkan  Porprov merupakan ajang olahraga yang diselenggarakan setiap empat tahun  sekali dalam rangka mencari bibit-bibit muda di daerah (Adv) 

Pewarta: R. Wartono/Prasetya

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024