Samarinda (ANTARA Kaltim)  -  Pemprov Kaltim melalui instansi terkait telah menyalurkan 250 ekor sapi kepada sembilan kelompok tani (poktan) di dua kabupaten, melalui Program Pengembangan Budidaya Ternak agar populasi sapi terus meningkat.

"Dalam pembangunan peternakan, banyak program yang sudah dijalankan untuk semua kabupaten dan kota, tetapi khusus untuk Program Pengembangan Budidaya, tahun ini hanya ada sembilan poktan di dua kabupaten yang mendapat bantuan," ujar Kepala Dinas Peternakan Kaltim, Dadang Sudarya di Samarinda, Selasa.

Dadang yang didampingi Kabid Perbibitan dan Budidaya Peternakan, I Gusti Made Jaya Adhi melanjutkan bahwa rincian dari sembilan poktan itu adalah, tiga poktan berada di Kabupaten Kutai Kartanegara yang mendapat bantuan 100 ekor sapi, kemudian enam poktan di Kabupaten Kutai Barat yang mendapat bantuan 150 ekor sapi.

Tiga poktan di Kutai Kartanegara itu adalah Poktan Tunas Lestari di Desa Karya Jaya, Kecamatan Samboja, dengan ketua Wiryo Suparto yang mendapat 30 ekor sapi, terdiri tiga pejantan dan 27 betina.

Kemudian Poktan Karya Bhakti dengan ketua Sutirwi, di Desa Karya Meredeka, Samboja yang mendapat 35 ekor sapi, terdiri dari empat pejantan dan 31 betina.

Selanjutnya Poktan Cimanggu Mandiri yang diketuai Edy Pramono. Kelompok yang berkarya di Desa Sungai Seluang, Samboja ini juga mendapat bantuan 35 ekor sapi, terdiri dari tiga ekor pejantan dan 32 betina.

Berikutnya adalah untuk Kabupaten Kutai Barat yang menerima pengembangan bantuan sebanyak 150 ekor sapi, terdiri dari 20 ekor pejantan dan selebihnya yang 130 merupakan sapi betina.

Rinciannya adalah, Poktan Taruna Merah Putih di Desa Melak Ulu, Kecamatan Melak dengan ketua Ardiansyah, Poktan Sahabat Sejati di Desa Melak Ilir, Kecamatan Melak dengan ketua S Dadang.

Kemudian Poktan Bina Warga di Desa Sebelang, Kecamatan Muara Pahu dengan ketua Jumli. Poktan Setia di Desa Tanjung Haur, Kecamatan Penyinggahan dengan ketua kelompok bernama Otoh.

Selanjutnya Poktan Terus Bersama, Desa Gemuhan Asa, Kecamatan Barong Tongkok dengan ketua Maryana, dan Poktan Kartika Chandra dengan Ketua Elsye Susan, Desa Barong Tongkok, Kecamatan Barong Tongkok. (*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014